Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:14 WIB | Senin, 18 Maret 2024

Gedung Putih Optimis Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Berlanjut

Warga Palestina memeriksa kehancuran bangunan pasca serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza, 4 Maret 2024. (Foto: dok. AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Gedung Putih pada hari Jumat (15/3) mengatakan proposal dari militan Hamas mengenai kesepakatan gencatan senjata di Gaza masih dalam batas-batas yang mungkin dilakukan dan menyatakan optimisme yang hati-hati.

Hamas telah menyampaikan proposal gencatan senjata di Gaza kepada mediator dan Amerika Serikat yang mencakup pembebasan sandera Israel dengan imbalan kebebasan bagi tahanan Palestina, 100 di antara mereka menjalani hukuman seumur hidup, menurut proposal yang dilihat oleh Reuters.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan usulan tersebut “tentu saja masih dalam batasan luas… dari kesepakatan yang telah kami kerjakan selama beberapa bulan.”

“Kami sangat optimis bahwa segala sesuatunya bergerak ke arah yang benar, namun bukan berarti hal itu sudah selesai,” kata Kirby kepada wartawan.

Israel mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan mengirim delegasi ke Qatar untuk melakukan pembicaraan baru mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza, menjaga harapan tipis untuk gencatan senjata tetap hidup meskipun menolak tawaran balasan dari Hamas yang telah lama ditunggu-tunggu.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga mengatakan dia telah menyetujui rencana serangan terhadap Rafah, kota di tepi selatan Jalur Gaza di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut berlindung, meski tidak memberikan kerangka waktu untuk serangan tersebut.

Para perunding pekan ini gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata untuk perang Gaza menjelang bulan suci Ramadhan. Namun mediator Washington dan Arab masih bertekad mencapai kesepakatan untuk mencegah serangan Israel di Rafah dan membiarkan bantuan kemanusiaan masuk untuk mencegah kelaparan massal.

Serangan ke Rafah

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Jumat bahwa ia telah menyetujui rencana militer untuk melakukan operasi di Rafah, tempat sebagian besar penduduk Gaza yang dilanda perang mencari perlindungan.

Netanyahu “menyetujui rencana tindakan di Rafah,” kata kantornya dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian atau batas waktu. Pernyataan itu mengatakan militer “siap untuk sisi operasional dan evakuasi penduduk.”

Rafah adalah pusat populasi besar terakhir yang menjadi sasaran serangan darat selama perang Israel melawan Hamas di Gaza, yang dipicu oleh serangan militan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober.

Serangan itu mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka-angka Israel.

Kampanye militer balasan Israel untuk melenyapkan Hamas telah menewaskan sedikitnya 31.490 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Presiden AS Joe Biden, yang mendukung Israel selama perang, baru-baru ini mengatakan bahwa invasi Israel ke Rafah akan menjadi “garis merah” tanpa adanya rencana perlindungan sipil yang kredibel.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan dalam kunjungannya ke Wina pada hari Jumat bahwa Washington belum melihat adanya rencana untuk operasi Rafah, namun menegaskan kembali bahwa pihaknya menginginkan “rencana yang jelas dan dapat dilaksanakan” untuk memastikan warga sipil “terhindar dari bahaya.” (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home