Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Selasa, 12 Maret 2024

Utusan Hamas Tinggalkan Kairo, Perundingan Gencatan Senjata Menemui Jalan Buntu

Mesir: Gencatan senjata permanen pada bulan Ramadhan tidak mungkin tercapai. Hamas klaim Israel gagalkan upaya tersebut.
Seorang pedagang kaki lima Palestina menjual lentera tradisional “fanous” saat umat Muslim bersiap menyambut dimulainya bulan suci Ramadhan, di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 5 Maret 2024. (Foto: AFP/Said Khatib)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Delegasi Hamas meninggalkan Kairo pada hari Kamis (7/3), namun akan melanjutkan perundingan gencatan senjata di Gaza sampai kesepakatan tercapai dengan Israel, kata kelompok teror tersebut dalam sebuah pernyataan, dan seorang pejabat Hamas menyalahkan Israel atas kurangnya kemajuan.

Sumber resmi Mesir mengatakan kepada saluran TV yang berafiliasi dengan pemerintah Al-Qahera News bahwa negosiasi mengenai gencatan senjata di Gaza telah menemui jalan buntu atas permintaan Hamas untuk melakukan proses bertahap yang berpuncak pada berakhirnya perang, namun mengatakan bahwa pembicaraan akan dilanjutkan pekan depan.

“Delegasi Hamas meninggalkan Kairo pagi ini untuk berkonsultasi dengan pimpinan gerakan tersebut, dengan negosiasi dan upaya terus dilakukan untuk menghentikan agresi, memulangkan pengungsi, dan memberikan bantuan kepada rakyat kami,” kata pernyataan Hamas.

Namun pejabat senior Hamas, Sami Abu Zuhri, mengatakan Israel telah “menggagalkan” upaya untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata sementara yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir selama empat hari perundingan yang diselenggarakan di Kairo.

Abu Zuhri mengatakan kepada Reuters bahwa Israel menolak tuntutan Hamas untuk mengakhiri serangannya di daerah kantong tersebut, menarik pasukannya, dan menjamin kebebasan masuk untuk mendapatkan bantuan dan kembalinya para pengungsi.

Para pejabat Mesir sebelumnya mengatakan bahwa meskipun terjadi kebuntuan, mereka tidak menutup kemungkinan kesepakatan akan tercapai sebelum bulan puasa Ramadhan, yang diperkirakan akan dimulai pada hari Minggu (10/3) dan muncul sebagai tenggat waktu informal.

Para pejabat Mesir mengatakan Hamas telah menyetujui syarat-syarat utama perjanjian tersebut sebagai tahap pertama, namun menginginkan komitmen yang akan mengarah pada gencatan senjata yang lebih permanen.

Belum Ada Komentar dari Israel

Para perunding dari Hamas, Qatar, dan Mesir – tetapi bukan Israel – pekan ini telah mencoba untuk mencapai gencatan senjata selama 40 hari menjelang Ramadhan.

Kesepakatan yang disampaikan kepada Hamas untuk Gaza akan membebaskan setidaknya beberapa sandera yang masih ditahan kelompok teror tersebut setelah pembantaian 7 Oktober pada tahap pertama. Tahanan Palestina yang ditahan di Israel juga akan dibebaskan.

Hamas berjanji untuk melanjutkan perundingan di Kairo, namun para pejabat di kelompok teror tersebut mengatakan gencatan senjata harus dilakukan sebelum para sandera dibebaskan, pasukan Israel harus meninggalkan Gaza dan seluruh warga Gaza harus dapat kembali ke rumah mereka yang telah melarikan diri, menurut Times of Israel.

Hamas juga menuntut pembebasan sejumlah besar tahanan, termasuk terpidana pelaku teroris yang menjalani hukuman seumur hidup, sebagai ganti sandera yang tersisa.

Israel secara terbuka telah mengesampingkan tuntutan tersebut, dan mengatakan pihaknya bermaksud untuk melanjutkan serangan setelah gencatan senjata dengan tujuan menghancurkan Hamas.

Sebuah sumber sebelumnya mengatakan Israel tidak ikut serta dalam perundingan di Kairo karena Hamas menolak memberikan daftar sandera yang masih hidup. Hamas mengatakan hal ini tidak mungkin terjadi tanpa gencatan senjata, karena sandera tersebar di seluruh zona perang.

Para pejabat Mesir mengatakan Israel ingin membatasi perundingan pada perjanjian yang lebih terbatas. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena tidak berwenang membahas negosiasi tersebut dengan media. Kedua pejabat tersebut mengatakan mediator masih menekan kedua pihak untuk melunakkan posisi mereka.

Meskipun komentar sebelumnya bahwa negosiasi menemui jalan buntu, Amerika Serikat mengatakan pada hari Rabu (6/3)  bahwa perjanjian gencatan senjata masih mungkin dilakukan.

“Kami terus percaya bahwa hambatan-hambatan yang ada tidak dapat diatasi dan kesepakatan dapat dicapai… jadi kami akan terus mendorong tercapainya kesepakatan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller di Washington.

The Wall Street Journal melaporkan pada hari Rabu bahwa para perunding mengusulkan gencatan senjata jangka pendek yang hanya berlangsung beberapa hari untuk mengulur waktu. Gagasan ini didorong oleh pihak Amerika dan Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan di Kairo, kata surat kabar itu.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas mengatakan pada hari Kamis bahwa jumlah korban tewas di Jalur Gaza telah melampaui 30.800 sejak 7 Oktober, ketika ribuan teroris pimpinan Hamas melancarkan serangan mematikan di Israel selatan, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang. Angka-angka yang dikeluarkan Hamas tidak dapat diverifikasi, tidak membedakan antara kombatan dan warga sipil, dan mencakup sekitar 13.000 teroris Hamas yang menurut Israel telah tewas dalam pertempuran sejak Oktober.

Israel juga mengatakan pihaknya membunuh sekitar 1.000 pria bersenjata di wilayah Israel pada 7 Oktober.

Para pejabat Hamas juga mengatakan Israel pada Kamis (7/3) telah mengembalikan 47 jenazah warga Palestina yang dibunuh sebelumnya selama serangan militer, melalui penyeberangannya dengan daerah kantong di Jalur Gaza selatan. (dengan ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home