Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:41 WIB | Sabtu, 14 Oktober 2023

Gelombang Pertama Pekerja Thailand Yang Selamat di Israel Tiba di Bangkok

Pekerja migran asal Thailand yang terluka dan dievakuasi dari Israel tiba di bandar udara internasional Suvarnabhumi, di Provinsi Samut Prakarn, Thailand, hari Kamis (12/10). (Foto: AP/Sakchai Lalit)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Kelompok pekerja asal Thailand pertama yang dievakuasi dari Israel setelah peristiwa berdarah beberapa hari terakhir di Israel selatan dan Gaza tiba pada hari Kamis (12/10) di ibu kota Thailand, Bangkok, disambut oleh kerabat dan pejabat senior yang cemas.

Militan Hamas menyerbu pagar perbatasan pada hari Sabtu (7/10) dan membunuh ratusan warga Israel di rumah mereka, di jalan-jalan dan di sebuah festival musik luar ruangan. Israel menanggapinya dengan serangan udara dan persiapan untuk kemungkinan invasi darat. Konflik tersebut telah merenggut sedikitnya 2.600 nyawa di kedua belah pihak, termasuk beberapa pekerja Asia Tenggara yang tinggal di Israel.

Sebanyak 41 orang warga negara Thailand yang pulang ke rumah dengan penerbangan komersial maskapai Israel, El Al, termasuk dua pria yang terluka dalam kekerasan tersebut dan harus menggunakan kursi roda untuk keluar dari pesawat.

Pekerja di pertanian dari Thailand mencari pekerjaan di negara-negara maju di mana terdapat kekurangan tenaga kerja semi-terampil, dengan upah yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat mereka peroleh di dalam negeri.

Puluhan ribu pekerja di Israel dari negara-negara termasuk Thailand dan Filipina mengirimkan penghasilan mereka ke rumah untuk menghidupi keluarga mereka. Uang tersebut juga membantu meningkatkan perekonomian negara asal mereka.

Namun kemunculan warga Thailand dan Filipina dalam daftar korban tewas, terluka dan hilang dalam beberapa hari terakhir merupakan pengingat bahwa pekerja asing bekerja keras dalam bahaya hidup mereka.

Sekitar 30.000 warga Thailand bekerja di Israel, menurut Kementerian Luar Negeri Thailand, dan sekitar 5.000 di antara mereka tinggal di wilayah selatan dekat perbatasan dengan Gaza.

Salah satu dari mereka, Katchakorn Pudtason, mengatakan majikannya di peternakan tempat dia bekerja awalnya menggiring semua pekerjanya ke dalam bunker ketika serangan pada hari Sabtu (7/10) terjadi, namun setelah mereka meninggalkannya untuk makan siang, mereka masih bisa mendengar suara tembakan.

Saat mereka dalam perjalanan kembali ke tempat kerja, Katchakorn mendengar lebih banyak suara tembakan dan merasakan ada sesuatu yang mengenai lututnya, katanya.

“Saya kira itu batu, tapi ternyata bukan. Jadi saya menabrak truk dan menyuruh sopirnya pergi,” katanya. Dia menambahkan, dia adalah satu dari empat orang di dalam kendaraan yang mengalami luka pada hari itu. Dia adalah salah satu dari dua pengungsi yang kembali dan harus menggunakan kursi roda.

Menteri Tenaga Kerja, Pertahanan, dan Luar Negeri Kabinet Thailand berada di bandara internasional Bangkok saat kedatangan para pengungsi. Pemerintah telah berjanji untuk menjaga kesehatan fisik dan mental para pengungsi.

Menteri Luar Negeri Thailand, Parnpree Bahiddha-Nukara, mengatakan 5.990 warga Thailand telah mendaftar untuk dievakuasi dan para pejabat bekerja sepanjang waktu untuk mengakomodasi mereka.

“Kami memerlukan Rencana B untuk menyelamatkan sebanyak mungkin orang,” kata Menteri Pertahanan Suthin Klangsaeng. “Kami akan menggunakan pesawat militer untuk mengevakuasi orang-orang dari daerah berisiko tinggi ke negara ketiga, seperti (Uni Emirat Arab).”

Jumlah warga Thailand yang terkena dampak tragedi tersebut menonjol dalam daftar warga negara non Israel yang terkena dampak kekerasan tersebut: Kementerian Luar Negeri Thailand pada hari Kamis mengatakan, 21 warga Thailand diyakini tewas dan 14 lainnya luka-luka. Enam belas orang diyakini telah disandera oleh Hamas.

Chatree Chasri yang selamat meninggalkan rumahnya di timur laut Thailand pada tahun 2019 untuk bekerja di Israel sebagai pekerja di pertanian guna melunasi utang dan menafkahi istri dan dua anaknya di kampung halamannya di Nakhon Phanom. Bekerja di luar negeri merupakan jalur umum bagi warga Thailand yang berasal dari daerah pedesaan yang kurang beruntung secara ekonomi, terutama di wilayah timur laut.

Bekerja berdasarkan perjanjian antar pemerintah, pria berusia 38 tahun ini telah bertani tomat dan kembang kol selama empat tahun terakhir di kota Mivtahim, Israel selatan, kurang dari 10 kilometer dari perbatasan Israel dengan Gaza.

Meski sesekali terjadi penembakan dan serangan roket yang membuatnya harus lari mencari perlindungan, kehidupannya di peternakan baik-baik saja hingga hari Sabtu (7/10), katanya dari Israel dalam wawancara telepon dengan The Associated Press. Sekarang dia bilang dia ingin pulang, dan tidak pernah kembali lagi Israel.

Chatree ditembak beberapa kali di pinggulnya tak lama setelah Hamas melancarkan serangan roket dan serangan darat ke Israel selatan, menewaskan ratusan orang dan menangkap lebih dari 100 orang yang diseret kembali ke Gaza sebagai sandera.

Chatree sedang menggunakan toilet di pertanian tempat dia bekerja dengan pekerja asing lainnya ketika dia tiba-tiba mendengar suara tembakan.

“Suaranya semakin dekat dan peluru menembus dinding toilet,” katanya sambil mengenang saat dia dipukul. Dia kemudian melihat dua pria bersenjata masuk ke tempat tinggal para pekerja dan melepaskan tembakan, sehingga para pekerja tersebut melarikan diri ke luar untuk bersembunyi.

Vibhavadi Vannachai, seorang ekspatriat Thailand yang telah tinggal di Israel selama hampir dua dekade dan berkoordinasi dengan pihak berwenang Israel untuk membantu para pekerja Thailand, khawatir jumlah korban akan meningkat.

Pekerja dari Filipina

Sekitar 30.000 warga Filipina tinggal dan bekerja di negara tersebut, sebagian besar sebagai perawat yang merawat orang lanjut usia, orang sakit, dan penyandang disabilitas fisik, menurut Kementerian Luar Negeri Filipina.

Pendapatan besar yang mereka kirim ke kampung halaman, yang tahun lalu mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar US$36,14 miliar, telah membantu menjaga perekonomian negara yang rapuh itu tetap bertahan.

Salah satu dari dua warga Filipina yang terbunuh pada hari Sabtu adalah seorang pengasuh yang ditembak bersama majikannya di dalam rumah mereka oleh orang-orang bersenjata Hamas, menurut Kedutaan Besar Filipina di Israel. Yang lainnya dibunuh dalam keadaan yang masih belum jelas.

Setidaknya tiga warga Filipina masih hilang, kata pejabat kedutaan. Namun, Wakil Menteri Luar Negeri, Eduardo de Vega, mengatakan pada hari Rabu (11/10) bahwa tidak ada warga Filipina yang meminta untuk dipulangkan dari Israel.

Jeremiah Supan, seorang pengasuh warga Filipina berusia 34 tahun di Israel, mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara telepon pada hari Rabu bahwa dia menjelaskan kepada para pejabat Filipina bahwa dia tidak ingin kembali ke rumah. Sebagai pencari nafkah keluarga, ia mengirimkan penghasilannya ke rumah agar putranya yang berusia 10 tahun dapat tetap bersekolah dan menghidupi orang-orang tercinta lainnya.

“Penembakan roket terus berlanjut,” kata Supan. “Tetapi jika saya pergi, semua bantuan yang saya kirimkan kepada keluarga saya di kampung halaman akan hilang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home