Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:43 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Gunung Berapi di Semenanjung Islandia Kembali Meletus

Gunung Berapi di Semenanjung Islandia Kembali Meletus
Gambar selebaran yang dirilis oleh Penjaga Pantai Islandia pada 16 Maret 2024 menunjukkan asap mengepul dan lava yang mengalir keluar dari celah baru, selama penerbangan pengawasan di atas letusan gunung berapi baru di pinggiran kota Grindavik, Islandia barat yang dievakuasi. (Foto-foto:AFP)
Gunung Berapi di Semenanjung Islandia Kembali Meletus
Cakrawala Reykjavik dengan latar belakang langit berwarna oranye akibat lava cair yang mengalir keluar dari celah di semenanjung Reykjanes di utara kota Grindavik yang dievakuasi, Islandia barat pada 16 Maret 2024.

ISLANDIA, SATUHARAPAN.COM-Polisi Islandia mengumumkan keadaan darurat pada hari Sabtu (16/3) ketika lahar dimuntahkan dari celah gunung berapi baru di semenanjung Reykjanes, letusan keempat yang melanda wilayah tersebut sejak Desember.

“Letusan gunung berapi telah dimulai antara stora Skogfell dan Hagafell di Semenanjung Reykjanes,” kata sebuah pernyataan dari Kantor Meteorologi Islandia (IMO). Gambar video langsung menunjukkan lava yang bersinar dan asap yang mengepul.

Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat Islandia mengumumkan telah mengirim helikopter untuk mempersempit lokasi pasti retakan baru tersebut. Pihak berwenang juga mengatakan polisi telah mengumumkan keadaan darurat akibat letusan tersebut.

Menurut IMO, letusan tersebut terjadi di dekat lokasi yang sama dengan letusan sebelumnya pada 8 Februari. Lava tampak mengalir ke selatan menuju tanggul yang dibangun untuk melindungi desa nelayan Grindavik, katanya.

Tepat setelah pukul 22:00 GMT, “bagian depan lava selatan hanya berjarak 200 meter dari penghalang di sisi timur Grindavik dan bergerak dengan kecepatan sekitar satu km per jam,” tambahnya.

Hampir Tidak Ada Peringatan

Lava juga mengalir ke barat, seperti yang terjadi pada 8 Februari, dan panjang retakan tersebut diperkirakan 2,9 kilometer (1,8 mil), kata IMO.

“Dari penilaian awal citra kamera web dan foto udara dari penerbangan helikopter, letusan tersebut diperkirakan merupakan letusan terbesar (dalam hal pelepasan magma) dari tiga letusan retakan sebelumnya dari deretan kawah Sundhnukur,” kata IMO, menekankan penilaian tersebut didasarkan pada jam pertama “aktivitas letusan”.

Beberapa menit sebelum letusan, badan tersebut telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa aktivitas seismik mengindikasikan adanya peningkatan kemungkinan terjadinya letusan. “Fase peringatan pra erupsi sangat singkat,” kata IMO.

Pada hari Jumat, IMO mengatakan bahwa magma terakumulasi di bawah tanah di daerah tersebut “yang dapat mengakibatkan intrusi magma baru dan kemungkinan letusan”. Hal itu bisa terjadi “dengan sedikit peringatan”, katanya.

Media lokal melaporkan bahwa spa panas bumi Blue Lagoon yang terkenal di Islandia telah dievakuasi, begitu pula Grindavik.

Sekitar 4.000 penduduk Grindavik baru diizinkan kembali ke rumah mereka pada 19 Februari setelah dievakuasi pada 11 November, meskipun hanya sekitar seratus yang memilih untuk melakukannya.

Pada saat itu, ratusan gempa bumi merusak bangunan dan menimbulkan retakan besar di jalan. Gempa tersebut diikuti oleh retakan gunung berapi pada tanggal 18 Desember yang menyelamatkan desa tersebut.

Era Baru

Namun retakan terjadi tepat di pinggir kota, pada bulan Januari, menyebabkan lava mengalir ke jalan-jalan dan membuat tiga rumah menjadi abu, diikuti oleh letusan ketiga di dekat desa tersebut pada tanggal 8 Februari.

Hingga hari Jumat, lebih dari 300 penduduk Grindavik telah mengajukan permintaan untuk menjual rumah mereka kepada negara.

Letusan di semenanjung Reykjanes juga menimbulkan kekhawatiran terhadap pembangkit listrik Svartsengi, yang memasok listrik dan air kepada sekitar 30.000 orang di semenanjung Reykjanes.

Pembangkit tersebut telah dievakuasi dan dioperasikan dari jarak jauh sejak letusan pertama di wilayah tersebut, dan tanggul telah dibangun untuk melindunginya.

Islandia adalah rumah bagi 33 sistem gunung berapi aktif, jumlah tertinggi di Eropa. Ia terletak di Punggung Bukit Atlantik Tengah, sebuah retakan di dasar laut yang memisahkan lempeng tektonik Eurasia dan Amerika Utara.

Namun hingga Maret 2021, semenanjung Reykjanes belum mengalami letusan selama delapan abad.

Letusan lebih lanjut terjadi pada bulan Agustus 2022 dan pada bulan Juli dan Desember 2023, sehingga para ahli vulkanologi berpendapat bahwa letusan tersebut mungkin merupakan awal dari era baru aktivitas seismik di wilayah tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home