Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 10:18 WIB | Selasa, 09 Juni 2015

Guyana Peringatkan Venezuela atas Sengketa Laut

Peta Guyana berbatasan langsung dengan Venezuela. (Foto: bbc.co.uk)

GEORGETOWN, SATUHARAPAN.COM – Guyana, Senin (8/6), mengatakan akan melawan setiap upaya Venezuela untuk menegaskan klaim kedaulatan atas wilayah perairan di lepas pantai Guyana yang memiliki cadangan minyak.

Caracas mengeluarkan dekret klaim atas perairan di lepas pantai Essequibo, pada 27 Mei lalu, wilayah sengketa yang berbatasan langsung dengan Venezuela dan luasnya mencapai lebih dari separuh luas total wilayah Guyana.

Venezuela mengambil tindakan tersebut kurang dari sebulan setelah Exxon Mobil mengumumkan telah menemukan cadangan minyak yang signifikan di wilayah konsesi yang diberikan oleh pemerintah Guyana.

Kementerian Luar Negeri Guyana mengklaim dekret Venezuela itu merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan regional.

“Setiap upaya Venezuela yang menegaskan klaimnya atas wilayah kami akan dilawan dengan tegas oleh Guyana,” ujar pihak Kementerian Luar Negeri Guyana.

Guyana menegaskan bahwa negara tersebut akan terus mengakses dan mengembangkan sumber daya alam lepas pantai di perairan yang disengketakan. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home