Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:24 WIB | Selasa, 03 Oktober 2023

Hadiah Nobel Kedokteran untuk Penemu mRNA Yang Berkontribusi pada Pengembangan Vaksin COVID-19

Dr. Katalin Kariko dan Dr. Drew Weissman menghadiri Upacara Hadiah Terobosan Kesembilan di Academy Museum of Motion Pictures pada tanggal 15 April 2023 di Los Angeles, California. (Foto: dok. AFP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Hadiah Nobel 2023 di bidang kedokteran atau fisiologi telah dianugerahkan kepada Katalin Kariko dan Drew Weissman atas karya mereka pada vaksin mRNA melawan COVID-19, Majelis Nobel di Institut Karolinska Swedia mengumumkan pada hari Senin (2/10).

“Penemuan kedua Peraih Nobel ini sangat penting untuk mengembangkan vaksin mRNA yang efektif melawan COVID-19 selama pandemi yang dimulai pada awal tahun 2020,” kata komite Hadiah Nobel dalam sebuah pernyataan.

“Melalui temuan inovatif mereka, yang secara mendasar telah mengubah pemahaman kita tentang bagaimana mRNA berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh kita, para pemenang berkontribusi pada tingkat pengembangan vaksin yang belum pernah terjadi sebelumnya pada salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia di zaman modern.”

Kariko dan Weissman mempublikasikan penelitian mereka mengenai vaksin mRNA pada sebuah makalah tahun 2005 namun hanya mendapat sedikit perhatian pada saat itu, kata komite Hadiah Nobel, namun temuan mereka kemudian menjadi landasan bagi perkembangan yang sangat penting.

Kariko, seorang ahli biokimia Hongaria-Amerika, dan Weissman, seorang Fisikawan Amerika, keduanya adalah profesor di Universitas Pennsylvania. Pekerjaan mereka menjadi landasan pengembangan vaksin COVID-19 seperti Pfizer dan Moderna.

Messenger RNA adalah untaian kode genetik tunggal yang dapat dibaca dan digunakan oleh sel untuk membuat protein. Dalam kasus vaksin ini, mRNA memerintahkan sel-sel di dalam tubuh untuk menginduksi lonjakan pada bagian virus tertentu, menyebabkan sistem kekebalan mendeteksinya sebagai benda asing dan bersiap menyerang ketika infeksi sebenarnya terjadi.

Desain Kariko dan Weiss dipilih untuk mengembangkan vaksin COVID-19 karena penyelesaiannya yang cepat, hanya memerlukan rangkaian genetik dari virus yang menyebabkan pandemi dan bukan virus itu sendiri.

Kariko memulai penelitiannya tentang mRNA pada awal tahun 1990an ketika dia menjadi asisten profesor di Universitas Pennsylvania. Dia kemudian bergabung dengan Weissman yang baru bergabung dengan institusi tersebut pada saat itu.

Didorong oleh ide-ide baru, keduanya memulai “kolaborasi yang bermanfaat” yang berfokus pada bagaimana berbagai jenis RNA berinteraksi dengan sistem kekebalan, kata komite tersebut.

“Fleksibilitas dan kecepatan yang mengesankan dalam pengembangan vaksin mRNA membuka jalan bagi penggunaan platform baru juga untuk vaksin melawan penyakit menular lainnya,” kata komite tersebut, seraya menambahkan bahwa teknologi tersebut juga dapat digunakan “untuk menghasilkan protein terapeutik dan mengobati beberapa jenis tipe kanker.”

Hadiah bagi pemenang Nobel berupa uang tunai sebesar 11 juta kronor Swedia (setara US$1 juta). Uang tersebut berasal dari warisan pencipta hadiah tersebut, penemu asal Swedia, Alfred Nobel, yang meninggal pada tahun 1896.

Hadiah uangnya dikumpulkan sebesar 11 juta kronor tahun ini karena anjloknya nilai mata uang Swedia.

Para pemenang diundang untuk menerima penghargaan mereka pada upacara pada 10 Desember, hari peringatan kematian Nobel. Hadiah bergengsi perdamaian diserahkan di Oslo sesuai keinginannya, sedangkan upacara penghargaan lainnya diadakan di Stockholm. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home