Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:21 WIB | Kamis, 22 Juni 2023

Penerima Nobel Ekonomi Menyerukan Diberlakukannya Pajak Iklim

Ekonom Prancis-Amerika Serikat dan penerima Hadiah Nobel tahun 2019 dalam Ilmu Ekonomi, Esther Duflo, berpose selama sesi foto di Paris pada 20 Juni 2023. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM-Perubahan iklim yang didorong oleh negara-negara kaya akan menyebabkan meroketnya kematian di antara negara-negara miskin, kata ekonom pemenang hadiah Nobel, Esther Duflo, memperingatkan dalam sebuah wawancara dengan AFP. Dia menyerukan pajak global.

Dunia telah menghangat rata-rata hampir 1,2C sejak pertengahan 1800-an, menurut sebuah laporan oleh para ilmuwan iklim global yang dirilis awal pekan ini, melepaskan rangkaian cuaca ekstrem yang menghancurkan dari gelombang panas yang lebih intens hingga badai yang parah.

Dampak berkelanjutan dari perubahan iklim akan mengakibatkan 73 lebih banyak kematian per 100.000 orang pada akhir abad ini, kata Duflo, yang berspesialisasi dalam masalah kemiskinan di College de France dan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

"Ini mungkin tampak angka yang abstrak tapi ... itu setara dengan semua kematian akibat penyakit menular hari ini," kata pria berusia 50 tahun itu. “Setiap ton karbon yang dibuang ke atmosfer menelan korban jiwa manusia.”

Yang paling terpukul adalah orang-orang yang paling rentan dan negara-negara termiskin di dunia, yang tidak berbuat banyak untuk berkontribusi pada emisi bahan bakar fosil yang menaikkan suhu.

Beberapa bagian India mengalami suhu di atas 44C (111F) pada pertengahan April, dengan setidaknya 11 kematian di dekat Mumbai dikaitkan dengan serangan panas dalam satu hari.

Sejak akhir 2020, negara-negara di Tanduk Afrika seperti Etiopia, Kenya, dan Somalia telah menderita kekeringan terburuk di kawasan itu dalam 40 tahun.

LSM mengatakan bahwa meskipun bantuan mengalir ke wilayah itu tahun lalu, diperkirakan 43.000 orang meninggal akibat kekeringan di Somalia saja pada tahun 2022.

Menempatkan tanggung jawab pada negara-negara kaya, Duflo berkata, "Kami membebankan biaya yang sangat besar pada negara-negara termiskin dengan cara yang kami putuskan untuk hidup hari ini."

Pelopor dalam eksperimen lapangan yang memenangkan hadiah Nobel 2019 di bidang ekonomi bersama suaminya, Abhijit Banerjee, dan ekonom Amerika, Michael Kremer, Duflo mengatakan situasinya semakin mendesak dengan kemiskinan ekstrem yang meningkat sejak 2020 setelah berkurang setengahnya sejak 1990-an.

Menunjuk ke ketidaksetaraan yang melebar, dia mengatakan negara-negara kaya menghabiskan 27 persen dari PDB mereka untuk langkah-langkah untuk mendukung populasi mereka selama pandemi, sementara negara-negara miskin hanya menghabiskan dua persen dan solidaritas global “hampir pada tingkat nol” ketika datang ke bantuan internasional dan vaksin.

Perang di Ukraina dan inflasi yang menaikkan biaya kebutuhan telah memperburuk situasi. Dan komitmen yang dibuat di KTT iklim PBB (COP) telah berulang kali gagal, katanya.

Negara-negara tidak pernah, misalnya, menghormati janji mereka sebesar US$ 100 miliar setiap tahun untuk dana transisi iklim bagi negara-negara miskin dan belum menemukan dana untuk mendukung skema kerugian dan kerusakan yang diumumkan selama KTT COP27 di Mesir.

Berbicara menjelang KTT global di Paris pada Kamis (22/6) dan Jumat (23/6) yang bertujuan menata ulang sistem keuangan global untuk memperhitungkan perubahan iklim dengan lebih baik, Duflo menyatakan keraguan komitmen konkret apa pun akan diambil.

Sebaliknya, dia menyerukan “mekanisme untuk mengenakan pajak pada negara” dalam skala internasional yang “mengikat”, baik dengan menaikkan pajak minimum pada perusahaan multinasional atau mengenakan pajak pada orang terkaya di planet ini.

Sebagian dari pajak akan masuk ke rekening bank orang-orang yang menghadapi bahaya lingkungan terbesar, katanya, “misalnya... orang yang terkena banjir, panas ekstrem, memungkinkan mereka pindah sementara atau permanen sehingga mereka dapat beradaptasi dengan cara kehidupan baru.”

Sisanya dapat digunakan untuk mendanai solusi untuk menyesuaikan kehidupan “di negara-negara yang akan mengalami transformasi besar-besaran ini,” katanya

Tanggapan seperti itu perlu diinformasikan oleh penelitian di lapangan di negara-negara yang terkena dampak, katanya, dan tidak didikte oleh para pemimpin di Paris atau Washington. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home