Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:12 WIB | Sabtu, 25 November 2023

Hamas Bebaskan 13 Sandera Warga Israel, 10 Warga Thailand, dan Satu Filipina

Sebagai imbalan, 39 Tahanan Palestina dibebaskan dari penjara Israel
Hamas Bebaskan 13 Sandera Warga Israel, 10 Warga Thailand, dan Satu Filipina
Sandera Israel yang dibebaskan pada hari Jumat, 24 November 2023: Atas dari Kiri-Kanan: Adina Moshe, Margalit Moses, Danielle Aloni dan putrinya Emilia; tengah: Doron Asher dan putrinya Raz dan Aviv, Hannah Katzir; baris terbawah: Keren Munder dan putranya Ohad, Ruti Munder, Yaffa Adar dan Channah Peri. (Foto: ToI)
Hamas Bebaskan 13 Sandera Warga Israel, 10 Warga Thailand, dan Satu Filipina
Orang-orang berkumpul di sebuah bukit yang menghadap fasilitas militer Ofer di Baytunia di Tepi Barat sambil menunggu pembebasan tahanan Palestina dengan imbalan sandera Israel yang dibebaskan oleh Hamas di Gaza pada hari Jumat, 24 November 2023 (Foto: AFP/Jaafar Ashtiyeh)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tiga belas warga Israel, termasuk empat anak-anak, serta 10 warga negara Thailand dan seorang warga Filipina dengan selamat kembali ke Israel pada hari Jumat (24/11) malam setelah pembebasan mereka dari 49 hari penyanderaan di Jalur Gaza setelah mereka diculik selama serangan gencar Hamas pada 7 Oktober.

Warga Israel yang dibebaskan termasuk tiga ibu dan anak kecil mereka.

Para sandera pertama kali terlihat melalui jendela ambulans ketika mereka menyeberang dari Gaza ke Mesir, beberapa dari mereka melambai. Beberapa dari mereka kemudian terlihat berjalan melintasi perbatasan menuju ambulans yang menunggu di Mesir, dalam rekaman yang disiarkan oleh media Israel.

Sebuah situs berita Mesir menerbitkan gambar salah satu sandera yang dipeluk oleh seorang petugas dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Palang Merah Internasional mengatakan kepada layanan darurat Magen David Adom bahwa tidak ada sandera Israel yang dibebaskan berada dalam kondisi serius. Juru bicara IDF kemudian mengonfirmasi bahwa semuanya telah menjalani tes medis awal dan berada dalam kondisi baik.

Para sandera ditemui oleh anggota dinas keamanan Shin Bet dan kemudian diangkut oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam operasi yang dijuluki “Pintu Surga” melalui penyeberangan Kerem Shalom ke Israel, di mana mereka dibawa ke Pangkalan Udara Hatzerim dekat Beersheba untuk resepsi awal, dan menjalani pemeriksaan fisik dan mental singkat.

Mereka kemudian dibawa ke Pusat Medis Anak Schneider dan Pusat Medis Wolfson di Israel tengah, serta pusat kesehatan lainnya, dengan helikopter dan ambulans, untuk dipertemukan kembali dengan kerabat mereka.

Sebagian besar sandera Israel tampaknya berada dalam kondisi kesehatan fisik yang baik setelah kembali ke Israel, kata rumah sakit yang menerima mereka.

Pernyataan dari rumah sakit Anak Schneider, tempat empat ibu dan empat anak disandera dibebaskan, menyebutkan bahwa dokter telah melakukan pemeriksaan awal dan mereka semua dalam kondisi fisik yang baik.

Lima sandera Israel lainnya, semuanya perempuan lanjut usia, dirawat di Rumah Sakit Wolfson di Holon. Wolfson mengatakan beberapa perempuan tersebut “lemah dan kelelahan” dan kemungkinan besar tidak akan dibebaskan pada hari Sabtu (25/11), Ynet melaporkan.

Kerumunan orang berbaris di jalan-jalan di Israel selatan ketika ambulans lewat, dan puluhan orang berkumpul di luar rumah sakit untuk bersorak ketika para sandera yang dibebaskan turun dari helikopter.

Israel Bersiap untuk Pembebasan Sandera Gelombang Kedua

Menyusul hari yang dipenuhi emosi campur aduk ketika 13 sandera Israel – ibu dan anak kecil mereka, serta wanita lanjut usia, dibebaskan oleh Hamas di Gaza setelah 49 hari, warga Israel bersiap untuk pembebasan kelompok kedua yang terdiri dari 13 sandera yang dijadwalkan pada Sabtu malam.

Pembebasan tersebut diharapkan terjadi pada hari kedua setelah jeda pertempuran sebagai bagian dari kesepakatan penyanderaan yang mulai berlaku pada hari Jumat (24/11) pukul 07:00 pagi. Kesepakatan gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas mencakup jeda perang selama empat hari, yang merupakan yang pertama dalam tujuh hari. minggu sejak kekejaman Hamas pada tanggal 7 Oktober, dan pembebasan total sekitar 50 sandera Israel dalam kelompok yang berjumlah sekitar selusin per hari.

Gencatan senjata selama empat hari berpotensi diperpanjang satu hari tambahan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 10 sandera lagi yang dibebaskan oleh Hamas.

Sebagai bagian dari kesepakatan terpisah, 11 warga negara asing: 10 warga Thailand dan satu warga Filipina, dibebaskan oleh Hamas pada hari Jumat (24/11) setelah diculik pada 7 Oktober.

Pada hari Jumat malam, Israel menerima daftar sandera yang dijadwalkan akan dibebaskan pada hari Sabtu (25/11), kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Setelah meninjau daftar tersebut, pejabat keamanan Israel memberi tahu keluarga para sandera.

Pihak berwenang Israel telah memberi tahu keluarga para sandera yang dibebaskan pada hari Jumat serta mereka yang tidak termasuk dalam daftar pertama.

Channel 12 melaporkan bahwa daftar sandera terbaru yang akan dibebaskan pada hari Sabtu terdiri dari 13 nama dan mencakup lebih banyak anak-anak.

Hanya empat dari 13 warga Israel yang dibebaskan pada hari Jumat adalah anak-anak. Hamas dan faksi teror lainnya menculik sekitar 240 orang pada tanggal 7 Oktober, termasuk sekitar 40 anak-anak.

Kantor Netanyahu telah mendesak media untuk bertindak hati-hati dan menghindari mempublikasikan nama-nama orang yang ada dalam daftar tersebut sebelum mereka kembali ke Israel.

Pembebasan Tahanan Palestina

Sementara itu, layanan Penjara Israel pada Jumat (24/11) malam membebaskan 39 tahanan keamanan Palestina sebagai bagian dari kesepakatan penyanderaan dengan Hamas yang membuat 13 sandera Israel dibebaskan dari Gaza, tempat mereka ditahan sejak 7 Oktober.

Sesaat sebelum tengah hari, Layanan Penjara memindahkan para tahanan ke Penjara Ofer di Tepi Barat, di mana mereka menjalani pemeriksaan kesehatan Palang Merah.

Para tahanan: 24 perempuan dan 15 anak di bawah umur, kemudian dipindahkan ke pos pemeriksaan Beitunia dekat Ramallah.

Meskipun ada upaya dari dinas keamanan Israel agar pembebasan tahanan Palestina tidak dilihat sebagai perayaan, rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan kerumunan orang berkumpul di sekitar bus Palang Merah di Ramallah pada Jumat malam.

Setelah 13 sandera yang ditahan di Gaza dipindahkan kembali ke Israel, 39 sandera tersebut dibebaskan ke rumah mereka di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Meskipun nama-nama 39 tahanan Palestina yang dibebaskan pada hari Jumat tidak segera diumumkan, sumber Palestina yang tidak disebutkan namanya mengkonfirmasi bahwa kelompok tersebut terdiri dari 24 perempuan dan 15 anak di bawah umur, yang termuda di antara mereka dikatakan berusia 14 tahun.

Kelompok tersebut dikatakan termasuk narapidana yang melakukan serangan penikaman terhadap warga Israel, meskipun tidak ada seorang pun dalam daftar tahanan yang berpotensi dibebaskan yang dihukum karena pembunuhan.

Dari 300 tahanan yang masuk dalam daftar yang mungkin akan dibebaskan, 74 di antara mereka adalah warga Yerusalem Timur, sementara mayoritas berasal dari wilayah yang dikuasai Palestina di Tepi Barat. Sejumlah kecil tahanan dilaporkan merupakan warga Gaza yang menyeberang ke Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak dari tahanan tersebut berafiliasi dengan Hamas, Fatah, atau Jihad Islam Palestina, namun beberapa di antara mereka tidak diketahui berafiliasi dengan kelompok mana pun.

Menurut CNN, dakwaan paling umum yang dijatuhkan kepada para tahanan adalah pelemparan batu dan “merugikan keamanan regional.” Tuduhan lainnya termasuk mendukung organisasi teror, tuduhan senjata ilegal dan penghasutan, kata laporan itu. (dengan ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home