Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:56 WIB | Jumat, 24 November 2023

Militer Israel Rilis Video Hamas Bawa Sandera ke RS Al Shifa di Gaza

Militer Israel Rilis Video Hamas Bawa Sandera ke RS Al Shifa di Gaza
Gambar tangkapan layar video yang dirilis oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Minggu, 19 November 2023 menunjukkan rekaman kamera keamanan yang menunjukkan apa yang mereka katakan sebagai militan Islam Hamas yang membawa sandera dari Israel ke rumah sakit Al Shifa pada hari penyerangan 7 Oktober. (Foto: IDF/Handout via Reuters)
Militer Israel Rilis Video Hamas Bawa Sandera ke RS Al Shifa di Gaza
Teroris Hamas membawa sandera ke Rumah Sakit Al Shifa, seperti yang terlihat dalam rekaman kamera pengawasan pada 7 Oktober 2023. (Foto: IDF via ToI)

GAZA, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Minggu (19/11) merilis rekaman kamera pengintai dari Rumah Sakit Al Shifa di Gaza yang menunjukkan Hamas membawa seorang warga negara Nepal dan Thailand yang diculik dari Israel pada tanggal 7 Oktober ke pusat medis di Kota Gaza. IDF menuduh organisasi teror Palestina itu membunuh seorang tentara Israel yang diculik di sana.

Mereka juga membagikan rekaman baru dari jaringan terowongan dan bunker bawah tanah yang dikatakan terkubur di bawah rumah sakit, ketika pasukan Israel terus beroperasi di dalam dan sekitar fasilitas kesehatan tersebut.

Tentara Israel mengatakan Hamas menggunakan Al Shifa dan rumah sakit lain sebagai perlindungan bagi aktivitas terornya, dan secara khusus menyebut Al Shifa sebagai pusat operasi bawah tanah utama kelompok tersebut.

Para pejabat Israel bermaksud untuk memberikan bukti penyalahgunaan RS Al Shifa yang dilakukan Hamas kepada dunia, untuk mendukung pernyataan mereka bahwa organisasi teror tersebut menggunakan warga sipil dan infrastruktur sipil untuk melindungi diri mereka sendiri, dan dengan demikian meningkatkan dukungan terhadap serangan Israel yang sedang berlangsung.

Tiga sandera yang ditampilkan dalam pengarahan IDF hari Minggu termasuk di antara lebih dari 240 orang yang ditangkap dalam serangan gencar kelompok teror Palestina enam pekan lalu, ketika teroris pimpinan Hamas menerobos perbatasan Gaza dengan kedok tembakan roket besar dan menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar dari mereka warga sipil, saat mereka mengamuk di komunitas selatan dan festival musik.

Israel menyatakan perang terhadap Hamas sebagai tanggapannya, meluncurkan serangan udara dan serangan darat berikutnya yang bertujuan untuk menggulingkan kelompok teror yang berkuasa di Gaza dan menjamin pembebasan para sandera. Operasi darat, yang menewaskan 63 tentara, terkonsentrasi di Gaza utara namun diperkirakan akan meluas ke selatan Jalur Gaza pada tahap perang di masa depan.

Selama sepekan terakhir, militer telah beroperasi di dalam dan sekitar RS Al Shifa, mengungkap bukti penggunaan situs tersebut oleh Hamas untuk kegiatan teroris. IDF mengatakan pihaknya berupaya mengevakuasi sebanyak mungkin pasien dari kompleks tersebut.

Dalam rekaman yang dipublikasikan hari Minggu oleh militer, salah satu sandera tampak terluka di lengannya dan dibawa ke ranjang rumah sakit, sementara sandera kedua diseret paksa ke rumah sakit sambil berdiri.

“Temuan ini membuktikan bahwa organisasi teror Hamas menggunakan Rumah Sakit Al Shifa pada hari terjadinya pembantaian itu sendiri sebagai infrastruktur teror,” kata IDF, dan menyebutkan pihaknya telah memberi tahu “otoritas terkait” tentang rekaman tersebut.

Gambar lain yang dirilis oleh IDF dari kamera pengintai di Al Shifa menunjukkan teroris Hamas berada di dalam rumah sakit dan di luar kamar para sandera, serta kendaraan IDF curian yang dibawa ke pusat medis.

Tentara juga merilis infografik yang menunjukkan lokasi di dekat kompleks Al Shifa tempat jenazah sandera Yehudit Weiss dan Kopral Noa Marciano ditemukan beberapa hari lalu.

Menurut Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari, Marciano terluka akibat serangan IDF pada tanggal 9 November, saat ditahan di Gaza, dan kemudian dibawa ke Al Shifa, di mana dia dibunuh.

“Noa diculik ke apartemen sebelah RS Al Shifa. Selama serangan IDF di Gaza, seorang teroris Hamas yang menahannya terbunuh,” kata Hagari pada hari Minggu dalam konferensi pers harian.

“Laporan patologi menyatakan bahwa Noa terluka akibat serangan itu, tetapi tidak dalam kondisi yang mengancam nyawa, dan ini bertentangan dengan informasi yang dipublikasikan oleh Hamas yang menyatakan bahwa Noa terbunuh oleh serangan IDF,” katanya.

“Menurut informasi intelijen, Noa dibawa ke dalam tembok Rumah Sakit Al Shifa, di mana dia dibunuh oleh teroris Hamas,” tambahnya.

Selain itu, IDF bersama dengan badan keamanan Shin Bet merilis rekaman baru yang menunjukkan bagian dari jaringan terowongan Hamas di bawah RS Al Shifa. Klip tersebut diambil dari dua perangkat terpisah yang diturunkan ke pintu masuk terowongan yang ditemukan oleh IDF pada hari Kamis di kompleks Al Shifa.

IDF telah mengatakan selama beberapa pekan bahwa jaringan terowongan dan bunker besar ada di bawah RS Al Shifa, namun rekaman hari Minggu adalah rekaman bawah tanah pertama yang mengungkapkan bagian dari infrastruktur tersebut.

Lubang terowongan tersebut terletak di halaman rumah sakit di bawah kanopi, di mana pasukan IDF juga menemukan sebuah truk pickup Hamas dengan senjata di dalamnya, mirip dengan yang digunakan oleh kelompok teror dalam serangan 7 Oktober.

Video baru menunjukkan poros terowongan memiliki tangga berkelok-kelok dengan kedalaman sekitar tiga meter, terus turun sejauh tujuh meter hingga mencapai bagian dari jaringan terowongan. Terowongan berlanjut sepanjang lima meter, sebelum berbelok ke kanan dan berlanjut hingga 50 meter lagi.

Di ujung terowongan, rekaman tersebut memperlihatkan pintu ledakan yang menurut IDF merupakan lubang senjata untuk membaki oleh Hamas.

“Pintu jenis ini digunakan oleh organisasi teror Hamas untuk memblokir kemampuan pasukan kami memasuki markas besar organisasi dan aset bawah tanah,” kata IDF.

“Temuan ini membuktikan tanpa keraguan bahwa bangunan di kompleks rumah sakit digunakan sebagai infrastruktur organisasi teror Hamas, untuk aktivitas teror. Ini adalah bukti lebih lanjut dari penggunaan sinis yang dilakukan organisasi teror Hamas terhadap penduduk Jalur Gaza sebagai tameng manusia atas aktivitas terornya yang mematikan,” tambah IDF.

IDF dan Shin Bet mengatakan mereka terus beroperasi di Al Shifa untuk mengungkap jaringan terowongan Hamas di daerah tersebut.

Selain Al Shifa, Israel menuduh Hamas menggunakan rumah sakit lain di Jalur Gaza untuk tujuan teror, termasuk RA Anak Rantisi di Kota Gaza, di mana sebuah video yang diterbitkan pada hari Minggu oleh Hamas menunjukkan tiga anggota teror bersenjata berlari ke sana setelah melihat pasukan Israel di sana.

Hamas menggambarkan ketiganya sebagai “pejuang syahid,” mungkin mengindikasikan bahwa mereka memiliki rompi bunuh diri.

Video tersebut menunjukkan dua ledakan, yang pertama tampaknya terjadi setelah RPG ditembakkan oleh Hamas ke gedung rumah sakit, sedangkan asal ledakan kedua tidak jelas. IDF sebelumnya telah menunjukkan bukti rompi bunuh diri Hamas yang ditemukan di Jalur Gaza.

Juga pada hari Minggu, Shin Bet dan Unit 504 Direktorat Intelijen Militer IDF, yang berspesialisasi dalam HUMINT (kecerdasan manusia), mengatakan mereka menangkap lebih dari 100 teroris di Jalur Gaza dalam beberapa hari terakhir, termasuk anggota pasukan Nukhba Hamas yang berpartisipasi dalam serangan 7 Oktober.

Pernyataan bersama Shin Bet dan IDF mengatakan pasukan telah melakukan interogasi terhadap tersangka di Gaza, dan telah membawa lebih dari 100 agen untuk diinterogasi di Israel.

Dikatakan bahwa anggota pasukan Nukhba Hamas, barisan roket, barisan penembak jitu, ahli bahan peledak dan petugas logistik ditangkap, dan dalam interogasi mereka, mereka memberikan informasi tentang lokasi terowongan dan gudang senjata kelompok teror tersebut.

Shin Bet dan IDF mengatakan para tahanan juga memberikan informasi mengenai metode operasi Hamas.

“Informasi dari interogasi para agen teror berguna bagi pasukan yang beroperasi di darat dan udara di Jalur Gaza dan digunakan untuk (memberi mereka) informasi intelijen berkualitas tinggi dan terkini, yang membantu kelanjutan serangan, manuver darat dan upaya pertempuran,” katanya.

Sebelumnya pada hari Minggu, IDF mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan serangan udara semalaman ketika pasukan darat mulai bermanuver lebih jauh ke wilayah utara Gaza. (ToI/ JP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home