Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:30 WIB | Sabtu, 13 April 2024

Hamas: Gencatan Senjata Diperlukan untuk Menemukan Sandera Israel di Gaza

Putra pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, tewas dalam serangan Israel.
Anggota kelompok milisi Palestina Hamas duduk bersama sandera yang diculik oleh orang-orang bersenjata Hamas selama serangan 7 Oktober terhadap Israel diserahkan kepada Palang Merah Internasional, sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran sandera-tahanan antara Hamas dan Israel di tengah gencatan senjata sementara, dalam sebuah lokasi yang tidak diketahui di Jalur Gaza, 30 November 2023. (File: dok. Reuters)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat senior Hamas mengatakan pada hari Kamis (11/4) bahwa hanya gencatan senjata yang dapat memberikan “waktu dan keamanan yang cukup” untuk menemukan sandera Israel yang disandera di Jalur Gaza dan memastikan nasib mereka.

Perundingan untuk gencatan senjata telah berlangsung di Kairo sejak hari Minggu (7/4), namun sejauh ini belum ada terobosan terhadap proposal yang diajukan oleh mediator Amerika Serikar, Qatar, dan Mesir.

 “Bagian dari negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata agar memiliki cukup waktu dan keamanan untuk mengumpulkan data akhir dan lebih tepat tentang orang-orang Israel yang ditangkap,” kata pejabat Hamas, Bassem Naim, dalam sebuah pernyataan.

Hal ini “karena mereka (ditahan) di tempat yang berbeda oleh kelompok yang berbeda, beberapa dari mereka berada di bawah reruntuhan yang dibunuh bersama rakyat kami sendiri, dan kami bernegosiasi untuk mendapatkan alat berat untuk tujuan ini,” kata anggota biro politik Hamas.

Hamas mengakui pada awal bulan lalu bahwa mereka tidak mengetahui siapa di antara 129 sandera yang masih disandera di Gaza yang masih hidup.

Naim menambahkan bahwa nasib para sandera, meskipun merupakan hal terpenting bagi pihak Israel, hanyalah salah satu topik pembicaraan di Kairo.

“Ini adalah perundingan gencatan senjata dan bukan perundingan kesepakatan tahanan, kesepakatan tahanan adalah salah satu hal yang harus dinegosiasikan,” katanya.

Pejabat senior Hamas lainnya, Taher al-Nunu, mengatakan bahwa “apa yang telah ditawarkan kepada kami dalam putaran perundingan terakhir mengenai gencatan senjata sejauh ini tidak memenuhi tuntutan kami.”

Dia menunjuk pada tuntutan Israel untuk “gencatan senjata sementara dan mempertahankan pasukan mereka di Jalur Gaza” sebagai poin perdebatan.

Para mediator telah menyusun kerangka kerja untuk kesepakatan yang mencakup penghentian pertempuran selama enam pekan dan pertukaran sekitar 40 sandera dengan ratusan tahanan Palestina.

Hal ini juga akan menyebabkan peningkatan pengiriman bantuan ke Gaza dan banyak pengungsi Palestina yang kembali ke rumah mereka yang tersisa.

Perang Gaza pecah setelah militan Hamas menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober, yang mengakibatkan kematian 1.170 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Serangan balasan Israel terhadap Hamas telah menewaskan 33.545 orang di Gaza, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Bantahan Hamas

Sementara itu, pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, menyangkal bahwa putra-putranya yang tewas dalam serangan Israel pekan ini adalah pejuang kelompok tersebut, dan mengatakan “kepentingan rakyat Palestina diutamakan di atas segalanya” ketika ditanya apakah pembunuhan mereka akan berdampak pada perundingan.

“Kami berusaha mencapai kesepakatan namun pendudukan masih menunda-nunda dan menghindari tanggapan terhadap tuntutan tersebut,” katanya kepada Reuters mengacu pada gencatan senjata di Gaza dan perundingan pertukaran sandera yang kini sedang berlangsung.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, mengatakan pada hari Kamis bahwa kelompok militan Palestinanya masih mencari kesepakatan untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera setelah serangan Israel menewaskan tiga putranya dalam serangan di Gaza.

Berbicara di Qatar saat menerima ucapan belasungkawa, Haniyeh mengatakan “kepentingan rakyat Palestina diutamakan di atas segalanya” ketika ditanya apakah serangan itu akan mempengaruhi pembicaraan mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera.

“Kami berusaha mencapai kesepakatan namun pendudukan masih menunda-nunda dan menghindari tanggapan terhadap tuntutan tersebut,” katanya kepada Reuters.

Pasukan Israel melakukan serangan pada hari Rabu (10/4) tanpa izin dari komandan tinggi atau pemimpin senior, kata media Israel pada hari Kamis (11/4), meningkatkan kekhawatiran di kalangan keluarga sandera bahwa serangan tersebut akan menggagalkan upaya untuk menjamin pembebasan mereka dari Gaza.

“Saya hanya bisa berharap hal ini tidak mempengaruhi negosiasi. Saya harap hal ini tidak akan membuat Hamas memberikan persyaratan yang lebih sulit pada kesepakatan tersebut,” kata Ofri Bibas Levy, yang saudara laki-lakinya, Yarden Bibas, ditawan bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil selama serangan pimpinan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home