Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Kamis, 28 Maret 2024

Israel dan Hamas Lanjutkan Negosiasi Pembebasan Sandera di Qatar

Hamas menginginkan 30 tahanan keamanan untuk setiap tentara perempuan, Israel menawarkan lima tahanan. Wakil Yahya Sinwar dilaporkan hadir.
Demonstran menyerukan pembebasan sandera Israel yang ditahan di Jalur Gaza dan melawan pemerintah Israel saat ini di luar Pangkalan Hakirya di Tel Aviv, 23 Maret 2024. (Foto: Erik Marmor/Flash90 via ToI))

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Kesenjangan besar masih terjadi dalam pembicaraan tidak langsung, yang saat ini sedang berlangsung di Qatar, antara Israel dan Hamas mengenai kesepakatan pembebasan sandera dan gencatan senjata sementara di Gaza ketika perang memasuki bulan keenam, menurut laporan yang tersebar luas pada hari Sabtu (23/3).

Salah satu perbedaan besar terletak pada jumlah tahanan keamanan Palestina yang diminta Hamas untuk dibebaskan guna menjamin pembebasan tentara perempuan IDF yang disandera di Gaza sejak serangan 7 Oktober.

Lebih jauh lagi, Hamas hingga saat ini mengkondisikan pembebasan sandera lebih lanjut berdasarkan komitmen Israel terhadap gencatan senjata permanen. Israel telah berulang kali menolak permintaan ini, dan bersumpah untuk melanjutkan serangan militernya setelah kesepakatan gencatan senjata sandera dilaksanakan dan untuk menyelesaikan tujuannya menghancurkan kelompok teror setelah pembantaian 7 Oktober, untuk memastikan bahwa mereka tidak dapat mempertahankan kekuasaan di Gaza, dan berusaha untuk melakukan serangan serupa lebih lanjut.

Delegasi Israel, dipimpin oleh kepala Mossad, David Barnea, didampingi oleh kepala Shin Bet, Ronen Bar, dan orang penting IDF, Nitzan Alon, berada di Doha untuk melakukan pembicaraan yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Qatar dan Mesir. Tim tersebut telah bertemu dengan direktur CIA, William Burns, Perdana Menteri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, dan kepala intelijen Mesir, Abbas Kamel.

Menurut laporan Channel 12 pada hari Sabtu, Israel untuk sementara setuju untuk membebaskan tahanan Palestina dalam jumlah yang “lebih besar” sebagai bagian dari kompromi baru yang disarankan oleh AS. Namun mereka masih menolak menyetujui penghentian perang demi mencapai kesepakatan dengan Hamas.

Kerangka kerja asli Paris bulan lalu mengatur gencatan senjata selama enam pekan dan pembebasan sekitar 400 tahanan keamanan untuk sekitar 40 sandera – perempuan, anak-anak, orang sakit dan orang tua – pada fase pertama kesepakatan.

Kompromi baru AS “lebih murah hati” bagi Hamas, namun telah diterima oleh Israel, Channel 12 melaporkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Tim-tim tersebut sekarang menunggu tanggapan dari Gaza, yang mungkin memakan waktu berhari-hari, kata laporan itu.

Menurut laporan Al Jazeera yang berbasis di Qatar pada hari Sabtu, Hamas menuntut agar 30 tahanan keamanan Palestina yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Israel karena pelanggaran teror dibebaskan untuk setiap tentara perempuan IDF yang saat ini ditahan oleh kelompok teror di Gaza. Sembilan belas perempuan masih disandera oleh kelompok tersebut, di antara mereka tentara IDF, serta dua anak kecil, termasuk sandera termuda yang diculik pada 7 Oktober.

Mereka termasuk di antara 130 sandera yang masih berada di Gaza – tidak semuanya hidup – setelah 105 warga sipil dibebaskan dari tawanan Hamas selama gencatan senjata selama sepekan pada akhir November, dan empat sandera telah dibebaskan sebelumnya.

Menurut laporan Al Jazeera, Israel dalam tanggapannya menawarkan lima tahanan tersebut untuk setiap tentara perempuan, dan juga bersikeras bahwa pada tahap pertama kesepakatan apa pun, 40 orang yang diculik harus dibebaskan dari semua kategori sandera, termasuk pria lanjut usia dan muda.

Laporan Channel 12 mengatakan delegasi Hamas termasuk pemimpin kelompok teror yang berbasis di Doha, Ismail Haniyeh, dan Khaled Mashaal, serta Khalil al-Haya, wakil ketua Hamas di Gaza, Yahya Sinwar.

Beberapa laporan media berbahasa Ibrani mengatakan Barnea, Bar dan Alon akan segera pulang, meskipun beberapa anggota tim Israel kemungkinan akan tinggal di Doha selama beberapa hari, Channel 12 melaporkan.

Tim perundingan Israel telah menolak tuntutan Hamas untuk mengakhiri perang, menarik pasukannya dari Gaza, dan tanpa syarat mengizinkan semua pengungsi Gaza untuk kembali ke bagian utara wilayah tersebut, sumber-sumber Palestina mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Sabtu.

Sebaliknya, Israel malah menawarkan pemulangan 2.000 warga Gaza setiap harinya ke wilayah utara, dimulai dua pekan setelah perjanjian tersebut berlaku dan gencatan senjata sementara dimulai.

Seorang pejabat Hamas juga mengatakan kepada AFP pada hari Sabtu bahwa Israel “menolak untuk menyetujui gencatan senjata yang komprehensif dan menolak penarikan penuh pasukannya dari Gaza.”

Pejabat itu menambahkan bahwa Israel telah mengindikasikan bahwa mereka ingin menjaga masalah bantuan, tempat tinggal dan bantuan di bawah kendali mereka, dan menuntut “PBB untuk tidak kembali bekerja, terutama di Jalur Gaza bagian utara.”

Laporan Channel 12 mengatakan bahwa kabinet perang, ketika memberikan waktu terbatas bagi tim Israel sebelum berangkat pada hari Jumat (22/3), memberi wewenang kepada para perunding untuk membahas proses pengungsi sipil dari Gaza utara untuk kembali.

Israel juga menuntut hak untuk mengasingkan, di luar Tepi Barat dan Gaza, tahanan keamanan yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan yang telah melakukan kejahatan berat, menurut Al Jazeera.

Tim perunding juga menuntut pengembalian tersebut jenazah Hadar Goldin dan Oron Shaul, yang terbunuh dalam Operasi Protective Edge di Gaza pada tahun 2014, dan jenazahnya ditahan oleh kelompok teror, sebagai imbalan atas pembebasan tahanan Palestina yang dibebaskan dalam kesepakatan Gilat Shalit tahun 2011 namun kemudian ditangkap kembali oleh Israel.

Hamas kini mempertimbangkan tanggapan Israel terhadap usulannya, namun jawaban apa pun dari delegasi organisasi teror tersebut mungkin memerlukan waktu beberapa hari, Channel 12 melaporkan.

Ketika Barnea dan pejabat lainnya berangkat ke Qatar pada hari Jumat, seorang pejabat Israel mengatakan kepada The Times of Israel bahwa “belum ada kemajuan nyata” dalam negosiasi dengan Hamas.

“Amerika menganggap hal ini sebagai kemajuan,” kata sumber itu. “Tekanan untuk maju datang dari mereka.”

Senada dengan penilaian tersebut, Channel 12 pada hari Jumat mengutip sumber Israel yang mengatakan bahwa keluarga para sandera tidak boleh mendapat kesan bahwa sebuah terobosan mungkin terjadi, namun juga mengatakan bahwa perundingan mengalami kemajuan. (dengan ToI dan sumber lain)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home