Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 07:59 WIB | Senin, 11 Agustus 2014

Hamas-Israel Sepakat Gencatan Senjata Lagi 72 Jam

Prajurit Israel membersihkan tank pada Minggu (10/8). (Foto: timesofisrael.com)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Gencatan senjata baru selama 72 jam di Gaza akhirnya disepakati berkat mediasi Mesir, menurut pernyataan seorang pejabat Palestina pada Minggu (10/8), meskipun tidak ada konfirmasi langsung dari pihak Israel.

Pejabat itu mengatakan kepada AFP bahwa Mesir telah menerima “konsensus simultan” dari kedua pihak dan akan secara resmi mengumumkan dimulainya gencatan senjata.

Di Israel, seorang pejabat mengatakan usulan gencatan senjata Mesir masih dibahas: “Mereka sedang membahas hal tersebut saat ini.”

Gencatan senjata sebelumnya yang dimediasi oleh Mesir berakhir pada Jumat pagi waktu setempat sehingga konflik kembali pecah antara Israel dan gerakan Hamas, yang merupakan penguasa de facto Jalur Gaza.

Sebelumnya pada Minggu, negosiator Palestina mengatakan pihaknya mempertimbangkan usulan gencatan senjata baru dari Mesir dan akan mengumumkan posisi mereka “setelah mengetahui sikap Israel.”

Israel menarik diri dari negosiasi gencatan senjata di Kairo pada Jumat, setelah gencatan senjata sebelumnya berakhir dengan pertempuran. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home