Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:03 WIB | Kamis, 08 Februari 2024

Hamas Usul Gencatan Senjata dengan Israel Selama 135 Hari

Tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza dalam gambar selebaran yang dirilis pada 4 Februari 2024. (Foto: dok. Reuters)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM- Hamas telah mengusulkan rencana gencatan senjata yang akan meredam senjata di Gaza selama empat setengah bulan, di mana semua sandera akan dibebaskan, Israel akan menarik pasukannya dari Jalur Gaza dan sebuah kesepakatan akan dicapai untuk mengakhiri perang.

Usulan kelompok militan tersebut, yang merupakan tanggapan terhadap tawaran yang dikirim pekan lalu oleh mediator Qatar dan Mesir, muncul di tengah dorongan diplomatik terbesar untuk menghentikan pertempuran, dan disambut dengan harapan serta kelegaan di Jalur Gaza.

Belum ada tanggapan publik dari Israel, yang menyatakan tidak akan menarik pasukannya keluar dari Gaza sampai Hamas dilenyapkan.

Menurut rancangan dokumen yang dilihat oleh Reuters, usulan tandingan Hamas membayangkan tiga fase gencatan senjata, yang masing-masing berlangsung selama 45 hari. Para militan akan menukar sisa sandera Israel yang mereka tangkap pada 7 Oktober dengan tahanan Palestina. Rekonstruksi Gaza akan dimulai, pasukan Israel akan ditarik sepenuhnya, dan jenazah akan dipertukarkan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, tiba semalam di Israel setelah bertemu dengan para pemimpin mediator Qatar dan Mesir dalam upaya diplomatik paling serius dalam perang sejauh ini yang bertujuan untuk mencapai perpanjangan gencatan senjata.

Sebuah sumber yang dekat dengan perundingan mengatakan usulan tandingan Hamas tidak memerlukan jaminan gencatan senjata permanen sejak awal, namun diakhirinya perang harus disepakati selama gencatan senjata sebelum sandera terakhir dibebaskan.

Menurut dokumen tersebut, selama fase 45 hari pertama, semua sandera perempuan Israel, laki-laki di bawah 19 tahun dan orang tua serta orang sakit akan dibebaskan, sebagai imbalan atas pembebasan perempuan dan anak-anak Palestina dari penjara Israel. Israel juga akan menarik pasukannya dari daerah berpenduduk padat selama tahap pertama.

Penerapan fase kedua tidak akan dimulai sampai kedua pihak menyelesaikan “pembicaraan tidak langsung mengenai persyaratan yang diperlukan untuk mengakhiri operasi militer bersama dan kembali tenang.”

Tahap kedua akan mencakup pembebasan sandera laki-laki yang tersisa dan “penarikan pasukan Israel di luar perbatasan seluruh wilayah Jalur Gaza.”

Jenazah akan dipertukarkan pada tahap ketiga. Gencatan senjata tersebut juga akan meningkatkan aliran makanan dan bantuan lainnya kepada warga sipil Gaza yang putus asa, yang menghadapi kelaparan dan kekurangan pasokan bahan pokok.

“Masyarakat optimis, sekaligus berdoa semoga harapan ini berubah menjadi kesepakatan nyata yang akan mengakhiri perang,” kata Yamen Hamad, ayah empat anak, yang tinggal di sekolah PBB di Deir Al-Balah di Jalur Gaza tengah. .

“Masyarakat menunggu berita tentang gencatan senjata, mereka sedikit berharap meski pemboman terus berlanjut,” katanya kepada Reuters melalui aplikasi pesan.

Israel memulai serangan militernya di Gaza setelah militan dari Gaza yang dikuasai Hamas menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang di Israel selatan pada 7 Oktober. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 27.585 warga Palestina dipastikan tewas dalam kampanye militer Israel, dan ribuan lainnya dikhawatirkan terkubur. di bawah reruntuhan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home