Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:09 WIB | Rabu, 06 April 2016

Hari Kesehatan Dunia 2016: Mengalahkan Diabetes

Ilustrasi . Tema Hari Kesehatan Dunia 2016 adalah mengalahkan diabetes. (Foto: who.int)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Setiap tahun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memilih prioritas masalah kesehatan masyarakat global sebagai tema untuk Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada tanggal 7 April 2016. Tema Hari Kesehatan Dunia 2016 ini adalah "mengalahkan diabetes", seperti yang dikutip dari situs who.int.

Diabetes adalah penyakit kronis, metabolik, yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah yang mungkin dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf. Yang paling umum adalah diabetes tipe 2, biasanya pada orang dewasa, yang terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak membuat cukup insulin.

Dalam tiga dekade terakhir prevalensi diabetes tipe 2 meningkat secara dramatis di negara-negara, dari semua tingkat pendapatan. Diabetes tipe 1, yang dulu dikenal sebagai juvenile diabetes, atau diabetes tergantung insulin, adalah kondisi kronis di mana pankreas memproduksi insulin sedikit atau tidak dengan sendirinya. Bagi orang-orang yang hidup dengan diabetes, akses ke pengobatan yang terjangkau, termasuk insulin, sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka. Ada target yang disepakati secara global untuk menghentikan kenaikan diabetes dan obesitas pada tahun 2025.

Program Diabetes

Misi dari program WHO adalah untuk mencegah diabetes, bila memungkinkan, meminimalkan komplikasi, dan memaksimalkan kualitas hidup. Fungsi intinya adalah untuk menetapkan norma dan standar, mempromosikan pengawasan, mendorong pencegahan, meningkatkan kesadaran dan memperkuat pencegahan dan pengendalian. Diabetes dan komplikasinya, sebenarnya membawa kerugian ekonomi, karena tingginya biaya medis bagi penderita diabetes dan keluarga mereka, dan juga bagi sistem kesehatan dan ekonomi nasional,

Dalam Agenda Tahun 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, pemerintah telah menetapkan target ambisius, untuk mengurangi angka kematian prematur dari penyakit menular (NCD) juga termasuk diabetes, untuk menyediakan akses obat-obatan dengan harga terjangkau.

Pada tahun 2011, diabetes menjadi salah satu dari prioritas yang ditargetkan oleh para pemimpin dunia, pada Deklarasi Politik tentang Pencegahan dan Pengendalian NCD dan SDGs 2016-2030.

Rencana Aksi Global untuk Pencegahan dan Pengendalian NCD 2013-2020 menyediakan peta jalan dan menu pilihan kebijakan, untuk mencapai sembilan target global sukarela, termasuk target tambahan untuk menghentikan kenaikan diabetes dan obesitas pada tahun 2025. Oleh karena itu, diabetes menjadi isu yang relevan bagi  orang-orang di seluruh dunia, serta berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta, dan lembaga antarpemerintah.

Sementara, setiap negara dan masyarakat, memiliki tahap yang berbeda dalam mengatasi tantangan diabetes, ada sejumlah kegiatan yang dapat dipertimbangkan pada tingkat nasional dan lokal, pada Hari Kesehatan Dunia 2016, untuk membantu mencapai tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan memicu serangkaian tindakan untuk mengatasi diabetes.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home