Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:19 WIB | Senin, 22 Mei 2023

Helikopter Afghanistan Jatuh, Dua Awaknya Tewas

Foto helikopter Black Hawk di Provinsi Zabul, Afghanistan, diambil pada 23 Mei 2012. (Foto: dok.Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sebuah helikopter militer Afghanistan jatuh di utara negara itu pada hari Minggu (21/5) setelah menghantam pangkalan kabel listrik, menewaskan sedikitnya dua awak, kata Kementerian Pertahanan.

Helikopter MD-530 sedang berpatroli di daerah itu setelah lepas landas dari Provinsi Balkh utara dan jatuh di distrik Kholim di Provinsi Samangan, kata pernyataan kementerian. Para pejabat mengatakan helikopter menabrak dasar kabel listrik bertegangan tinggi sebelum jatuh.

Tidak jelas berapa banyak helikopter, termasuk helikopter Amerika Serikat, yang berada di tangan pemerintah yang dikelola Taliban. Ketika pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh pada pertengahan Agustus 2021, puluhan pilot Afghanistan melarikan diri ke negara-negara Asia Tengah, termasuk Tajikistan dan Uzbekistan.

Pilot angkatan udara Afghanistan memainkan peran kunci, bersama rekan mereka dari AS, dalam perang 20 tahun melawan gerilyawan Taliban. Konflik berakhir dengan kepergian pasukan asing dari Afghanistan pada tahun 2021. Serangan udara helikopter menimbulkan banyak korban di kalangan Taliban dan berulang kali mengusir mereka dari posisi yang mereka rebut di berbagai bagian negara.

Setelah Taliban mengambil alih negara itu, sekitar 140 pilot Afghanistan dan lainnya diterbangkan dari Tajikistan ke Abu Dhabi di Uni Emirat Arab dalam perjalanan ke tujuan akhir mereka di AS. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home