Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 03:23 WIB | Jumat, 06 Januari 2023

Hong Kong Buka Kembali Perbatasan dengan China Daratan

Orang-orang mengunjungi perbatasan Hong Kong, dengan latar belakang cakrawala Shenzhen China, di Hong Kong 13 Februari 2021. Hong Kong akan mulai membuka kembali perbatasannya dengan China daratan pada hari Minggu, 8 Januari 2023, memungkinkan puluhan ribuan orang melakukan perjalanan antara kedua sisi setiap hari di bawah pengaturan bebas karantina, kata pemimpin kota itu Kamis, 5 Januari. (Foto: dok. AP/Kin Cheung)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM - Hong Kong akan mulai membuka kembali perbatasannya dengan China daratan pada hari Minggu (8/1) dan memungkinkan puluhan ribu orang menyeberang dari setiap sisi setiap hari tanpa karantina, kata pemimpin kota itu.

Pos pemeriksaan perbatasan darat dan laut kota dengan daratan sebagian besar telah ditutup selama hampir tiga tahun di bawah strategi "nol-COVID-19" China, yang telah membatasi masuk ke negara itu, mengisolasi orang yang terinfeksi, dan mengunci area dengan wabah.

Pembukaan kembali diharapkan dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk ekonomi Hong Kong.

Pengumuman pada hari Kamis (5/1) datang saat China melonggarkan beberapa kontrol anti-virus terberat di dunia. Mulai hari Minggu, China juga akan secara bertahap meningkatkan jumlah penerbangan antara Hong Kong dan China daratan dan menghapus batasan jumlah penumpang untuk penerbangan dari kota tersebut, kata pemerintah China dalam sebuah pernyataan.

“Kecenderungan pribadi saya adalah, jika faktor memungkinkan, saya ingin mengizinkan banyak orang untuk melewatinya karena itu telah menjadi suara banyak orang, baik lokal maupun luar negeri — berharap Hong Kong kembali normal secepat mungkin, ”kata Chief Executive John Lee pada konferensi pers.

Selama fase pertama pembukaan kembali, empat pos pemeriksaan perbatasan yang ditutup selama hampir tiga tahun akan kembali beroperasi, sehingga jumlah pos pemeriksaan di kota itu menjadi tujuh, kata Lee. Saat ini, semua kecuali tiga pos pemeriksaan di Hong Kong ditutup.

Pemerintah Hong Kong akan memutuskan kapan akan memperluas skala pembukaan kembali perbatasan setelah meninjau situasi dengan otoritas daratan, tambah Lee.

Di bawah sistem kuota, hingga 60.000 orang dapat melakukan perjalanan dari Hong Kong ke China daratan setiap hari. Batas yang sama juga dikenakan pada jumlah pelancong yang memasuki kota dari utara, katanya.

Tetapi penduduk Hong Kong di China daratan yang ingin kembali ke kota tidak terikat oleh sistem kuota, begitu pula penduduk China daratan di Hong Kong yang pergi ke utara.

Pelancong harus mendapatkan hasil tes negatif COVID-19 dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan. Mereka yang menyeberang melalui pos pemeriksaan perbatasan darat yang ditunjuk harus mendaftar secara online untuk mengamankan slot kuota.

Hong Kong adalah wilayah China semi-otonom yang berbatasan dengan provinsi Guangdong di China tenggara. Orang harus melewati imigrasi untuk menyeberang di antara keduanya. Pembatasan perbatasan yang diberlakukan sejak 2020 telah memukul ekonomi kota, terutama sektor pariwisata.

Juga mulai hari Minggu, daratan tidak lagi mengharuskan pelancong yang masuk untuk karantina, menandai langkah besar menuju pembukaan kembali sepenuhnya perjalanan dengan seluruh dunia.

Penduduk China Daratan akan diizinkan mengunjungi Hong Kong untuk tujuan wisata secara bertahap dan teratur, tergantung pada kapasitas kota dan situasi pandemi, tambah pemerintah China. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home