Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Tunggul Tauladan 12:35 WIB | Selasa, 16 September 2014

Hotspot Malioboro akan Gratis Tahun Depan

Tanda keberadaan Malioboro Cyber Street yang telah ada beberapa waktu yang lalu. Keberadaan internet di kawasan malioboro ini masih belum bisa diakses secara gratis oleh publik. (Foto-foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Gaung Jogja Cyber City (JCC) yang sempat mengemuka beberapa tahun belakangan ini tampaknya mulai direspon oleh Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot Yogyakarta). Salah satunya akan disiapkan jaringan wireless fidelity (wi-fi) atau hotspot untuk akses publik secara gratis mulai tahun depan.

“Pemkot akan bekerjasama dengan Pemda DIY untuk pengadaan wi-fi mulai dari Tugu, sepanjang Jalan Margo Mulyo (Jalan P. Mangkubumi), Jalan Malioboro, hingga Keraton. Pengadaan wi-fi di kawasan tersebut baru akan kami mulai tahun depan,” demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telematika (TIT) Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Sukadarisman pada Senin (15/9).

Selama ini, Pemkot Yogyakarta memang telah menyediakan hotspot di seputaran Malioboro, tepatnya di Perpustakaan (UPT) Malioboro. Namun, fasilitas tersebut tidak bisa diakses oleh publik dan hanya sebatas fasilitas untuk perkantoran. Sedangkan di kawasan Malioboro, fasilitas internet disediakan oleh Telkom yang bekerjasama dengan Pemda DIY.

Fasilitas internet di kawasan Malioboro yang dikelola oleh Telkom ini banyak menuai kritikan. Pasalnya jika beberapa waktu yang lalu masyarakat bisa mengakses fasilitas tersebut secara gratis, namun kini sudah tidak bisa lagi. Bahkan, meskipun dulu bisa diakses sekalipun, kecepatan dalam melakukan browsing relatif lambat dan sering putus-putus.

Selain upaya untuk merealisasikan pengadaan wi-fi di kawasan pariwisata, semisal Malioboro, Pemkot dan Pemda juga terus giat membangun jaringan kabel internet di seputaran Yogyakarta. Sebagai contoh, pada 2014 ini sedang dikebut pengerjaan jaringan kabel internet untuk Yogyakarta bagian selatan dengan anggaran sebesar Rp. 400 juta.

“Kami kini sedang membangun jaringan kabel di wilayah Kecamatan Kotagede, Pakualaman, Inspektorat, wilayah Puskesmas Kotagede I dan II, Kelurahan Rejowinangun, Kelurahan Prenggan, dan Kelurahan Pandean,” jelas Sukadarisman. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home