Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 08:18 WIB | Jumat, 12 Agustus 2016

HUT ke 71 Kemerdekaan: TNI Sosialisasi Bela Negara

Ketua Tim Forum Kebangsaan Wirabuana Kolonel Inf Satria Putra Rauf saat memberikan pengarahan kepada 1000 siswa SMA dalam program sosialisasi Bela Negara. (Foto: Puspen TNI)

SULAWESI BARAT, SATUHARAPAN.COM – Menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 Tahun 2016, Kodim 1402/Polmas menyelenggarakan sosialisasi Bela Negara bagi pelajar setingkat SMA sederajat di wilayah Kodim 1402/Polmas.

Sosialisasi tersebut merupakan program TNI Angkatan Darat khususnya Kodam VII/Wirabuana, kegiatan tersebut diikuti oleh 1000 siswa-siswi SMA dan sederajat Kabupaten Polman, bertempat di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, hari Kamis(11/8).

Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Tim Forum Kebangsaan Wirabuana Kolonel Inf Satria Putra Rauf mengatakan kegiatan sosialisasi bagi para siswa SMA sederajat ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali pemahaman tentang Bela Negara bagi generasi muda khususnya bagi pelajar SMA dan sederajat.

Menurutnya program ini sangat penting bagi segenap warga negara, utamanya bagi generasi muda karena mereka akan dipersiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan di masa yang akan datang, sehingga perlu diberi pemahaman Bela Negara sejak dini, agar mereka benar-benar memiliki kesiapan untuk menjadi penerus perjuangan bangsa di masa depan.

“Esensi Bela Negara yang akan diberikan melalui kegiatan ini nantinya dapat diaplikasikan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya sesuai bidang dan fungsi masing-masing,” kata dia.

Mayjen TNI Agus berharap agar sasaran kegiatan ini dapat tercapai dengan terbangunnya watak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki bekal bela negara baik secara psikis maupun fisik.

Sementara itu Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra pada kesempatan tersebut memberikan materi tentang “Peran Generasi Muda dalam Bela Negara” di hadapan ribuan peserta sosialisasi Bela Negara.

Dia mengajak para peserta menyamakan persepsi tentang Bela Negara utamanya pelajar setingkat SMA dan sederajat.

“Mari kita sepakat bahwa semua hal yang memperkuat bangsa adalah Bela Negara,” kata dia.

Dandim 1402/Polmas menjelaskan secara umum bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Mengakhiri pembekalannya Letkol Kav I Made Bagus Suraputra berpesan kepada para peserta, jauhi segala macam bentuk narkoba dan hindari pergaulan bebas.

“Yakinlah bahwa semua orang dilahirkan untuk menjadi pemenang dan selamat berjuang meraih cita-cita,” kata dia. (PR)                                 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home