Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:17 WIB | Jumat, 17 April 2015

Ibu Negara Tiongkok Dinilai Pukau Media Dunia

Presiden Xi Jinping (kiri) dan istri Peng Liyuan (kanan). (Foto:dw.de)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Sebuah studi akademis Tiongkok, memuji peran ibu negara dalam diplomasi publik, tanda terbaru dari upaya Beijing untuk merebut panggung dunia melalui diplomasi internasional yang persuasif, menurut beberapa laporan pada Kamis (16/4),

Peng Liyuan, istri Presiden Xi Jinping, “memukau media domestik dan internasional,” menurut studi Renmin University.

“Studi tersebut memuji  kerendahan hati, penampilan dan cara elegan yang ditampakkan oleh Peng, serta semangatnya untuk badan amal dan perhatian untuk beberapa kelompok yang rentan,” menurut surat kabar pemerintah, China Daily.

Tiongkok, telah menyampaikan kebaikan dan niat baik kepada dunia melalui diplomasi publik ibu negara, ketika negara tersebut menghadapi tantangan di tengah perkembangan ekonomi yang pesat,” katanya.

Beberapa istri presiden Tiongkok, biasanya tidak terkenal dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di luar negeri, khususnya ibu negara AS.

Namun Peng telah mengambil peran lebih, menemani kunjungan Xi ke luar negeri dengan pakaian yang anggun dan berbicara di beberapa acara kesehatan dan sosial di Tiongkok.

Bulan lalu, dia menghadiri acara pencegahan HIV/AIDS dan TBC di Tiongkok selatan dengan ibu negara Zambia Esther Lungu dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates.

Media pemerintah Tiongkok secara signifikan lebih memperhatikan Xi dan Peng dibandingkan dengan presiden sebelumnya, Hu Jintao dan istrinya, Liu Yongqing. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home