Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:01 WIB | Jumat, 17 April 2015

Badrodin Haiti Naik Jadi Jenderal Bintang Empat

Jenderal Polisi Badrodin Haiti. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badrodin Haiti telah dilantik menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), pada Jumat (17/4). Dengan demikian, secara otomatis pangkat Badrodin Haiti naik dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi.

Hal tersebut terlihat dari jumlah bintang yang berada di sisi pundak Badrodin Haiti. Ketika uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di DPR kemarin, Kamis (16/4) pangkat Badrodin Haiti masih Komisaris Jenderal, namun sehari kemudian pada acara pelantikannya, bintang yang menghiasi kedua pundak pria kelahiran 24 Juli 1958 itu telah berjumlah empat.

Pelantikan Jenderal Polisi Badrodin digelar di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, jajaran menteri Kabinet Kerja, dan Ketua DPR, MPR, DPD, dan sejumlah lembaga tinggi negara lainnya.

Pelantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 25/2015 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI.

Jenderal Polisi Badrodin Haiti lahir di Paleran, Umbulsari, Jawa Timur, dilantik setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan serta mendapatkan persetujuan 10 fraksi DPR, pada Kamis (16/4). Dia adalah penyandang alumnus terbaik Akpol 1982 yang meraih Adhi Makayasa.

Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebelumnya menduduki posisi Wakapolri. Sejak 16 Januari 2015, dia mendapat tugas tambahan dari Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Kapolri yang menjalankan tugas, fungsi, dan wewenang Kapolri. Tugas ini diberikan kepada Jenderal Polisi Badrodin Haiti setelah Presiden Jokowi memberhentikan Jenderal Sutarman, yang tengah memasuki masa pensiun pada pertengahan tahun ini.

Selama berkarier di kepolisian, Jenderal Polisi Badrodin Haiti sempat menduduki posisi sebagai Kapolda Banten (2004-2005), Kapolda Sulawesi Tengah (2006-2008), Kapolda Sumatera Utara (2009-2010), Kapolda Jawa Timur (2010-2011), dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (2013-2014).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home