Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:54 WIB | Senin, 23 Januari 2017

ICMI Minta Dukungan Presiden Bentuk Religious Harmony Forum

Pimpinan dan pengurus ICMI bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, hari Senin (23/1). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mendukung pembentukan forum kerukunan antar-umat beragama, Religious Harmony Forum guna menanggapi kecenderungan adanya tindakan intoleransi yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

"Kami tadi menyampaikan mengenai pentingnya forum kerukunan umat beragama, Religious Harmony Forum yang akan kita kembangkan bersama-sama dengan organisasi cendekiawan lintas agama," kata Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie saat konferensi pers di kantor Presiden, Jakarta, hari Senin (23/1) usai pimpinan dan pengurus ICMI bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut dia, usulan dan pembahasan yang disampaikan ICMI dalam pertemuan tersebut disambut baik oleh Presiden Joko Widodo. ICMI pun berjanji akan terus memberikan masukan-masukan positif kepada Presiden Joko Widodo.

“Jadi sedang dibahas juga mengenai Religious Harmony Forum yang akan kita kembangkan seperti Bali Democracy Forum maka kita juga sedang bersama-sama dengan organisasi cendekiawan lintas agama mengembangkan kegiatan. Ya namanya belum, tetapi Religious Harmony Forum di satu tempat yang kita lagi incar, kemungkinan di Toba, tapi ini nanti akan dibicarakan lebih detil dengan semua ormas cendekiawan nasional dan juga dengan beberapa menteri yang kita harapkan memberi dukungan,” katanya.

“Kita juga berjanji akan terus memberi masukan kepada Presiden, kepada pemerintah sepanjang ini penting, berguna bagi bangsa dan negara,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, ICMI juga mengusulkan rencana pembentukan Bank Wakaf Ventura. Jimly mengatakan, Bank Wakaf Ventura ini diharapkan akan menjadi penggerak roda ekonomi Indonesia dengan bekerja sama semua organisasi masyarakat (ormas) Islam.

“Ada rencana akan dibentuknya suatu Bank Wakaf Ventura yang bisa menjadi motor penggerak roda ekonomi dengan kerja sama dengan semua ormas Islam,” katanya.

Jimly menambahkan, Bank Wakaf Ventura diharapkan juga membantu ormas-ormas Islam di samping program dakwah sosial yang dikembangkan selama ini, juga mengembangkan gerakan ekonomi dan kita dukung sistem sekolah kewiraswastaan, katanya.

“Ini yang yang tadi kami bicarakan, ini akan segera mendapat follow up dengan pertemuan dengan beberapa menteri,” lanjutnya. 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home