Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:22 WIB | Rabu, 28 Februari 2024

IDF Sampaikan Rencana Operasi dan Evakuasi Warga dari Rafah

Warga Palestina memadati pasar di Rafah, Jalur Gaza, 22 Februari 2024 (Foto: AP/Mohammed Dahman)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyampaikan kepada kabinet perang rencananya untuk mengevakuasi warga sipil Palestina dari zona tempur potensial di kota Rafah, paling selatan Gaza, dan strategi operasionalnya ke depan, kata Kantor Perdana Menteri (PMO) pada hari Minggu (25/2).

Pemerintah asing dan organisasi bantuan telah berulang kali menyatakan kekhawatiran bahwa operasi darat di Rafah akan menimbulkan banyak korban sipil.

Lebih dari satu juta warga Palestina – kebanyakan dari mereka adalah pengungsi dari tempat lain – berkumpul di kota terakhir Gaza yang tidak tersentuh oleh serangan darat Israel terhadap kelompok teror Hamas. Ini juga merupakan pintu masuk bagi bantuan yang sangat dibutuhkan, yang disalurkan melalui negara tetangga, Mesir.

Tentara “menyajikan kabinet perang dengan rencana untuk mengevakuasi penduduk dari daerah pertempuran di Jalur Gaza, dengan rencana operasional yang akan datang,” kata PMO dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian mengenai bagaimana atau ke mana warga sipil akan dipindahkan.

Selain itu, PMO mengatakan kabinet menyetujui pemberian bantuan kemanusiaan ke Gaza selatan “dengan cara yang akan mencegah penjarahan yang terjadi di utara Jalur Gaza dan wilayah lainnya.”

Kabinet perang beranggotakan tiga orang terdiri dari Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dan Menteri Benny Gantz, serta beberapa pengamat.

Perang meletus pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas memimpin serangan dahsyat terhadap Israel yang menewaskan 1.200 orang, sebagian besar adalah warga sipil. Para teroris juga menculik 253 orang dari segala usia yang disandera di Gaza.

Israel menanggapinya dengan serangan militer untuk menggulingkan rezim Hamas di Gaza, menghancurkan kelompok teror tersebut dan membebaskan para sandera, lebih dari setengahnya masih disandera.

Sejauh ini, kampanye militer telah melihat klaim IDF bahwa mereka telah membongkar efektivitas tempur Hamas di sebagian besar Gaza.

Tekanan dari AS

Israel kini melanjutkan rencana serangan militer di Rafah, benteng terakhir Hamas di Gaza dan juga tempat lebih dari separuh penduduk wilayah tersebut yang berjumlah 2,3 juta jiwa mencari perlindungan.

Kelompok-kelompok kemanusiaan memperingatkan akan adanya bencana ini, dan Amerika Serikat serta sekutu lainnya mengatakan Israel harus menghindari tindakan yang merugikan warga sipil. Di bawah tekanan AS, para pemimpin politik dan militer Israel mengatakan operasi tersebut tidak akan dimulai sampai keselamatan warga sipil terjamin.

Di seberang Rafah yang penuh sesak, negara tetangga Mesir tetap menutup perbatasannya, dengan mengatakan hal itu tidak akan membantu memfasilitasi operasi apa pun untuk mengusir warga Palestina keluar dari Gaza.

Namun citra satelit menunjukkan mereka telah membangun tembok pembatas di sebelah Gaza, yang dikhawatirkan sebagai upaya untuk mengantisipasi kemungkinan kedatangan pengungsi dalam jumlah besar.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kepada media AS pada hari Minggu bahwa operasi militer Israel di Rafah dapat “ditunda” jika kesepakatan untuk gencatan senjata selama beberapa pekan antara Israel dan Hamas tercapai, karena para mediator berupaya untuk mendapatkan garis besar jeda dalam pertempuran dan perdamaian, serta pembebasan sandera. Namun dia bersumpah serangan itu “akan terjadi.”

“Hal ini harus dilakukan karena kemenangan total adalah tujuan kami dan kemenangan total masih dalam jangkauan – tidak perlu berbulan-bulan, beberapa pekan lagi, setelah kami memulai operasi,” katanya kepada acara “Face the Nation” di CBS News.

Netanyahu membenarkan bahwa kesepakatan sedang dalam proses, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan kepada NBC pada hari Minggu pagi mengatakan bahwa Presiden Joe Biden belum diberi pengarahan mengenai rencana Rafah dan berkata, “Kami percaya bahwa operasi ini tidak boleh dilakukan sampai atau kecuali kami melihat (rencana untuk melindungi warga sipil).”

Sullivan juga mengkonfirmasi kepada CNN pada hari Minggu bahwa perwakilan dari Israel, AS, Mesir, dan Qatar yang bertemu di Paris akhir pekan lalu “mencapai pemahaman di antara mereka berempat tentang kontur dasar kesepakatan penyanderaan untuk gencatan senjata sementara. terlihat seperti."

Para mediator telah menyuarakan harapan bahwa gencatan senjata sementara dan pertukaran sandera-tahanan dapat dilakukan sebelum dimulainya Ramadhan pada 10 atau 11 Maret, tergantung pada kalender lunar.

Media Israel berbahasa Ibrani melaporkan bahwa mediator mencapai kemajuan dalam kesepakatan gencatan senjata sementara dan pembebasan puluhan sandera yang ditawan di Gaza dengan imbalan tahanan keamanan Palestina yang ditahan oleh Israel. Beberapa media Israel, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kabinet perang diam-diam menyetujuinya.

Tekanan oleh Keluarga Sandera

Di Israel, tekanan terhadap Netanyahu semakin meningkat dari keluarga sandera yang menuntut tindakan lebih cepat, dan protes anti-pemerintah pun kembali terjadi.

Aktivis lain telah berusaha untuk memblokir truk bantuan memasuki Gaza, dengan mengatakan pasokan hanya boleh diberikan jika sandera yang tersisa dibebaskan.

Di tengah meningkatnya krisis kemanusiaan, badan bantuan utama PBB untuk Palestina mendesak tindakan politik untuk mencegah kelaparan di Gaza.

Mengerikan situasi kekurangan pangan di Gaza utara, dan itu adalah “bencana buatan manusia” yang dapat diatasi, kata Philippe Lazzarini, kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA. “Kelaparan masih dapat dihindari melalui kemauan politik yang tulus untuk memberikan akses dan perlindungan terhadap bantuan yang berarti,” katanya.

PBB mengatakan mereka menghadapi pembatasan, khususnya pada pengiriman bantuan ke Gaza utara. Israel, yang memeriksa semua truk yang memasuki Gaza dari kedua penyeberangan tersebut, menyalahkan PBB atas penurunan pengiriman dan mengatakan pihaknya siap untuk mempercepat pemberian bantuan. Mereka juga menyerukan pembubaran UNRWA dan menggantinya dengan entitas lain setelah memberikan bukti bahwa pegawai UNRWA ikut serta dalam serangan tanggal 7 Oktober, bahwa Hamas telah menggunakan fasilitas organisasi PBB untuk tujuan teror, dan di tengah klaim bahwa sejumlah pekerja organisasi tersebut terkait dengan Hamas.

Di Gaza, warga yang putus asa menghentikan konvoi untuk mengambil bantuan dari truk ketika rekaman menunjukkan orang-orang bersenjata, yang diyakini anggota Hamas, mencuri truk yang mengantarkan bantuan kemanusiaan dari Mesir.

Israel juga telah lama mengatakan bahwa Hamas menimbun pasokan dan menjauhkannya dari warga sipil yang semakin putus asa.

Menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas, serangan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 29.692 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan 92 kematian akibat pemboman pada Minggu malam. Angka tersebut tidak dapat dikonfirmasi dan tidak dapat membedakan antara pejuang Hamas dan warga sipil.

Israel mengatakan telah membunuh 12.000 Hamas dan pejuang kelompok teror lainnya sejak awal perang. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home