Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Sabtu, 17 Februari 2024

Pengadilan Tinggi PBB Menolak Permintaan Afsel agar Israel Lindungi Rafah, Gaza

Israel terikat keputusan pengadilan tanggal 26 Januari. Sementara Joe Biden desak Netanyahu melakukan gencatan senjata sementara di Gaza.
Presiden AS, Joe Biden, kiri tengah, bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kanan, untuk membahas perang antara Israel dan Hamas, di Tel Aviv, Israel, Rabu, 18 Oktober 2023. Di (Foto: pool via AP)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan tinggi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada hari Jumat (16/2) menolak permintaan Afrika Selatan untuk menerapkan langkah-langkah mendesak untuk melindungi Rafah di Jalur Gaza, namun juga menekankan bahwa Israel harus menghormati langkah-langkah sebelumnya yang diberlakukan akhir bulan lalu pada tahap awal dalam sebuah perjanjian kasus kasus genosida yang penting.

Mahkamah Internasional mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “situasi berbahaya” di Rafah “menuntut penerapan tindakan sementara yang segera dan efektif” yang diperintahkan pada 26 Januari.

Dikatakan bahwa tidak diperlukan perintah baru karena tindakan yang ada “dapat diterapkan di seluruh Jalur Gaza, termasuk di Rafah.”

Pengadilan dunia menambahkan bahwa Israel “tetap terikat untuk sepenuhnya mematuhi kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida” dan keputusan 26 Januari yang memerintahkan Israel untuk melakukan semua yang bisa dilakukannya untuk mencegah kematian, kehancuran, dan segala tindakan genosida di Gaza.

Mengutip Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pengadilan mencatat “perkembangan terkini di Jalur Gaza, dan khususnya di Rafah, ‘akan secara eksponensial meningkatkan apa yang sudah menjadi mimpi buruk kemanusiaan dengan konsekuensi regional yang tak terhitung banyaknya.’”

Israel telah mengidentifikasi Rafah sebagai benteng terakhir Hamas yang tersisa di Gaza dan berjanji untuk melanjutkan serangannya di sana. Diperkirakan 1,4 juta warga Palestina, lebih dari separuh populasi Gaza, memadati kota tersebut, sebagian besar dari mereka adalah pengungsi yang melarikan diri dari pertempuran di tempat lain di Gaza.

Israel mengatakan pihaknya akan mengevakuasi warga sipil sebelum menyerang, meskipun para pejabat bantuan internasional mengatakan tidak ada tempat lain yang bisa dituju karena kehancuran besar akibat serangan tersebut.

Afrika Selatan pada Selasa (13/2) mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan “permintaan mendesak” kepada Mahkamah Internasional untuk mempertimbangkan apakah operasi militer Israel yang menargetkan kota Rafah di Gaza selatan melanggar perintah sementara yang dijatuhkan pengadilan bulan lalu dalam kasus yang menuduh genosida.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan, Clayson Monyela, mengatakan dalam sebuah pesan di X, sebelumnya Twitter, bahwa pengadilan “telah menegaskan pandangan kami bahwa situasi berbahaya memerlukan implementasi segera dan efektif dari tindakan sementara yang ditunjukkan oleh Pengadilan dalam Perintahnya tanggal 26 Januari 2024 yang berlaku di seluruh #GazaStrip & telah mengklarifikasi bahwa ini termasuk #Rafah.”

Pernyataan pengadilan dikeluarkan pada hari Sabat Yahudi, ketika kantor-kantor pemerintah tutup, dan belum ada komentar langsung dari Kementerian Luar Negeri Israel.

Pada hari Kamis (15/2), Israel mendesak pengadilan dunia untuk menolak apa yang mereka sebut sebagai permintaan Afrika Selatan yang “sangat aneh dan tidak pantas”.

Israel dengan tegas membantah melakukan genosida di Gaza dan mengatakan pihaknya melakukan semua yang mereka bisa untuk menyelamatkan warga sipil dan hanya menargetkan militan Hamas. Dikatakan bahwa taktik Hamas yang menyerang wilayah sipil membuat sulit untuk menghindari jatuhnya korban sipil.

Tindakan sementara yang diperintahkan bulan lalu ini merupakan tahap awal dari kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan yang menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida.

Pengadilan juga meminta Hamas untuk membebaskan para sandera yang masih disandera. Hamas mendesak komunitas internasional agar Israel melaksanakan perintah pengadilan.

Kampanye hukum di Afrika Selatan berakar pada isu-isu penting yang menjadi identitas mereka: Partai yang berkuasa, Kongres Nasional Afrika, telah lama membandingkan kebijakan Israel di Gaza dan Tepi Barat dengan sejarah mereka sendiri di bawah rezim apartheid yang didominasi oleh minoritas kulit putih, yang membatasi sebagian besar warga kulit hitam ke “tanah air.” Apartheid berakhir pada tahun 1994.

Joe Biden Desak gencatan Senjata Sementara

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan pada hari Jumat (16/) bahwa dia telah melakukan pembicaraan ekstensif dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam beberapa hari terakhir di mana dia mendorong gencatan senjata sementara.

Pemerintahan Biden telah mendorong Israel untuk melakukan jeda kemanusiaan yang memungkinkan pembebasan sandera yang masih ditahan oleh Hamas, beberapa bulan setelah serangan mematikan kelompok militan Palestina pada 7 Oktober di Israel.

“Saya telah melakukan percakapan panjang lebar dengan perdana menteri Israel selama beberapa hari terakhir, hampir satu jam setiap hari, dan saya telah menyampaikan argumen ini, dan saya sangat yakin akan hal ini, bahwa harus ada gencatan senjata sementara untuk mencapai tujuan tersebut, mengeluarkan para tahanan, untuk mengeluarkan para sandera,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih.

Biden pada hari Kamis (15/2) kembali mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia tidak boleh melanjutkan aksi militer di Rafah tanpa rencana yang kredibel dan dapat dilaksanakan untuk melindungi warga sipil Palestina, kata Gedung Putih. (AP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home