Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:06 WIB | Kamis, 25 Agustus 2016

IMF Setuju Pinjamankan Yordania Rp 9,58 Triliun

Mereka mengatakan bahwa pinjaman tersebut senilai dengan 150 persen kuota yang dialokasikan untuk Yordania guna mendukung “perekonomian dan program reformasi keuangan negara itu.”
Ilustrasi. Logo IMF. (Foto: cyprusbusinessmail.com)

AMMAN, SATUHARAPAN.COM - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) mengatakan pihaknya telah menyetujui fasilitas kredit sebesar 723 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 9,58 triliun untuk jangka tiga tahun kepada Yordania dalam upaya dukungan di tengah pertempuran yang berkecamuk di kawasan tersebut, pada hari Rabu (24/8).

“Badan eksekutif IMF hari ini menyetujui bantuan perpanjangan tiga tahun melalui fasilitas dana untuk Yordania,” kata IMF dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengatakan bahwa pinjaman tersebut senilai dengan 150 persen kuota yang dialokasikan untuk Yordania guna mendukung “perekonomian dan program reformasi keuangan negara itu.”

“Program ini ditujukan untuk memajukan konsolidasi fiskal guna menurunkan utang publik untuk meningkatkan kondisi pertumbuhan yang lebih inklusif,” tambahnya.

Menyusul keputusan tersebut, sekitar 72,3 juta dolar Amerika (sekitar Rp 958,6 miliar) akan “segera dicairkan,” katanya, sementara sisanya akan diberikan secara bertahap selama program berlangsung.

Perekonomian Yordania telah terguncang akibat konflik yang terjadi di Suriah dan Irak.

Pengangguran melonjak menjadi 14 persen dari 9,5 juta penduduk kerajaan itu, menurut perhitungan pemerintah, sementara perkiraan tidak resmi tercatat mencapai 30 persen.

Pertumbuhan merosot menjadi 2,4 persen pada 2015, turun dari 3,1 persen pada tahun sebelumnya.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home