Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:07 WIB | Senin, 05 Desember 2016

Impor Jeruk dari Pakistan ke RI Meningkat Dua Kali Lipat

Ekspor Kinnow ke Indonesia dua kali lipat musim ini
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo bersama dengan anak-anak yang mengenakan busana dari berbagai daerah di Indonesia menyempatkan untuk mencicipi dan merasakan sendiri buah unggulan Indonesia pada acara “Fruit Indonesia 2016” di Senayan, Jakarta, hari Kamis (17/11). (Foto: BPMI Setpres)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Perdagangan Pakistan melaporkan ekspor jeruk jenis Kinnow dari Pakistan ke Indonesia telah mencapai dua kali lipat dari bulan Januari hingga April tahun 2016 setelah pakta perdagangan antara kedua negara Preferential Trade Agreement (FTA) disepakati.

Seperti dilansir dari The News, hari Senin (5/12), awalnya impor jeruk Kinnow dari Pakistan dibatasi hanya untuk bulan Februari dan Maret, namun sekarang telah mencapai dua kali lipat dari bulan Januari hingga April.

Menurut sumber di kementerian perdagangan Pakistan, pemberitahuan resmi untuk izin impor tersebut telah dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

“Karena keberhasilan diplomasi ekonomi pemerintah, permintaan eksportir Kinnow telah dipenuhi dengan meningkatkan akses ke pasar Indonesia,” tulis pernyataan itu.

Sebelumnya pakistantoday.com.pk melaporkan, bahwa Pakistan akan mengekspor 50.000 ton kinnow ke Indonesia selama Desember 2015 untuk April 2016.

Menurut sumber resmi, ekspor kinnow Pakistan ke Indonesia melonjak dari US$ 3 juta pada 2013 menjadi US$ 19,3 juta pada tahun 2014 setelah berlakunya kesepakatan bersama Sanitary and Phytosanitary Measures (SPS Agreement) serta pengakuan area bebas OPT untuk kinnow Pakistan, yang memungkinkan produk tersebut masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

SPS adalah bagian dari kesepakatan WTO yang berkaitan dengan hubungan antara kesehatan dan perdagangan internasional.

Sementara mengenai adanya buah impor, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan terus memperbanyak produksi buah lokal.

"Sudah bertahun-tahun kita masuk buah impor. Nggak luculah, semua bisa kita kuatin di dalam negeri, nanti buah-buah impor itu akan mental," kata Jokowi dalam acara pencanangan Gemar Makan Buah Nusantara dalam rangka Fruit Indonesia 2016 di Lapangan Parkir Timur Jakarta, hari Kamis (17/11).

Presiden Jokowi menyebutkan saat ini Indonesia masuk dalam 20 negara yang mendominasi perdagangan buah dunia.

The Kinnow, memiliki bentuk sub Jeruk yang lebih kecil dalam segi ukuran tetapi rasanya relatif sama. (Foto: wikipedia.org)

Kinnow merupakan persilangan antara spesies buah jeruk King dan Willow setelah dilakukan eksperimen di Citrus Research Centre University of California USA pada tahun 1951. Keduanya merupakan keturunan satu induk dari Indonesia-Tiongkok.

Kondisi tanah dan iklim di Pakistan telah menghasilkan rasa Kinnow yang unik, yang membedakannya dengan jeruk mandarin lainnya yang dibudidayakan di dunia.

Kinnow merupakan salah satu varietas terbaik dari jeruk mandarin segar. Terutama, hal ini berkaitan erat dengan jeruk yang sama dalam rasa.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home