Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:55 WIB | Minggu, 14 Juni 2020

India Sita Perhiasan Miliarder Buron Yang Ditangkap di London

Aktivis sayap pemuda partai oposisi utama India, Partai Kongres, membakar gambar dengan miliarder Nirav Modi dengan perhiasan dalam sebuat protes di Mumbai. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang India telah menyita berlian, mutiara, dan perhiasan perak bernilai jutaan dolar sebagai bagian dari penyelidikan terhadap seorang pedagang berlian buron yang ditahan di London saat melawan ekstradisinya.

Barang berharga yang disita senilai 13,5 miliar rupee (US$ 180 juta) telah disimpan di gudang perusahaan logistik di Hong Kong setelah dibawa ke sana dari Dubai pada tahun 2018, kata Direktorat Penegakan Hukum India, yang menyelidiki kejahatan keuangan, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (10/6) malam.

Perhiasan dan permata itu milik Nirav Modi, si buron, dan perhiasan yang disita darinya pernah menghiasi bintang-bintang dari Bollywood, bahkan Hollywood. Pamannya, Mehul Choksi, yang juga melarikan diri dari India dan tinggal di Antigua.

Modi ditahan tanpa jaminan. Dia ditangkap oleh otoritas Inggris tahun lalu, lebih dari setahun setelah pihak berwenang India menuduh dia terlibat dalam penipuan bank senilai US$ 1,8 miliar. Dia meninggalkan negara itu pada awal tahun 2018 dan mulai tinggal di London.

Pihak berwenang India telah meminta ekstradisi dia untuk menghadapi penuntutan, mengklaim bahwa perusahaan yang dikendalikan Nirav Modi menipu Bank Nasional Punjab milik negara. Dia menggunakan dokumen keuangan palsu untuk mendapatkan pinjaman untuk membeli dan mengimpor perhiasan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home