Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:14 WIB | Kamis, 02 Februari 2017

Indonesia-Afrika Akan Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Indonesia akan memprioritaskan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Afrika pada 2017, kata Direktur Afrika Direktorat Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri RI Daniel Tumpal Simanjuntak.

"Afrika akan jadi prioritas Indonesia pada 2017. Kita akan meningkatkan hubungan kita dengan Afrika," kata Daniel dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, hari Kamis (2/2).

Menurut Daniel, dalam rangka meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Afrika, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi akan berkunjung ke CapeTown, Afrika Selatan pada 6-7 Februari dan bertemu dengan menteri luar negeri dan presiden Afrika Selatan.

Menlu Retno juga akan melanjutkan kunjungan bilateral ke Mozambik pada 7-8 Februari.

"Kunjungan bilateral Menlu Retno yang pertama 2017 fokus ke Afrika mengingat bahwa tahun ini akan meningkatkan hubungan dengan Afrika di luar hubungan sejarah," kata Daniel.

Dia menyebutkan bahwa ada berbagai peluang terbuka untuk kerja sama ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

"Menlu dijadwalkan akan bertemu dengan presiden dan menlu Afrika Selatan serta mengikuti semacam forum bisnis. Ibu Menlu akan membawa wakil dari BUMN Indonesia dan Kadin. Jadi, penekanannya pada ekonomi," kata dia.

Sementara itu, lanjut Daniel, Menlu Retno di Mozambik akan bertemu dengan menlu, presiden, dan perdana menteri Mozambik.

"Dan terdapat kemungkinan bertemu dengan menteri perdagangan Mozambik untuk bahas isu ekonomi," kata dia.

Menlu Retno Marsudi juga berkunjung ke Afrika Selatan dan Mozambik sebagai utusan khusus Presiden RI untuk menyampaikan undangan kepada pemimpin kedua negara itu untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asosiasi Negara-negara Lingkar Samudera Hindia (IORA). (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home