Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:14 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

Indonesia Siap Bantu Identifikasi Korban Bom Thailand

Petugas forensik kepolisian Thailand menginspeksi lokasi pengeboman di kuil Erawan di jantung pusat wisata dan bisnis Bangkok pada 18 Agustus 2015. Jumlah korban tewas akibat insiden tersebut mencapai 21 orang dengan 123 korban cedera. Sebanyak tujuh wisatawan asal Tiongkok, Hong Kong, Malaysia dan Singapura turut menjadi korban tewas dalam pengeboman tersebut. (Foto: AFP/ Christophe Archambault)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan pada prinsipnya Indonesia bersedia bila pihak Thailand membutuhkan bantuan untuk masalah identifikasi korban dan sebagainya.

"Untuk itu saya sudah bicara dengan Kapolri bahwa pada prinsipnya Indonesia bersedia (membantu)," kata Retno  di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/8).  

Namun, ia mengaku sampai saat ini belum ada permintaan secara khusus dari Thailand terkait hal tersebut.

"Kita terbuka dan akan dikomunikasikan kepada otoritas Thailand," kata dia.

Indonesia telah secara resmi mengeluarkan travel advice sesaat setelah peledakan di negara itu kepada WNI yang akan berkunjung ke Thailand.

Imbauan itu belum akan dicabut menanti kondisi semakin kondusif di negara gajah putih tersebut dan pihaknya juga mengimbau WNI yang tinggal di Thailand untuk lebih berhati-hati.

Retno menambahkan sampai saat ini tidak ada tambahan korban dari WNI sehingga untuk sementara jumlah WNI yang menjadi korban berjumlah seorang meninggal dunia dan seorang yang lain mengalami luka-luka.

"Korban luka sudah menjalani operasi dan Alhamdulillah kondisinya stabil dan terus membaik," kata dia.

Sementara Warga Negara Indonesia yang menjadi korban meninggal akan dipulangkan ke Indonesia pada Rabu (19/8) sore ini dengan terus berkoordinasi bersama keluarga korban yang saat ini juga sudah berada di Bangkok difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok. (Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home