Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 10:11 WIB | Minggu, 31 Januari 2016

Industri Kecil Menengah di Papua Dipercepat

Menteri Perindustrian Saleh Husin ( Foto Dok Satuharapan.com )

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perindustrian Saleh Husin akan mempercepat Industri Kecil Menengah (IKM) di Kawasan Papua.

Selah mengatakan, pihaknya optimistis dengan potensi Papua baik mineral, migas hingga industri kecil menengah berbasis kebudayaan. 

"Semangat kita adalah meningkatkan nilai tambah yang dapat dinikmati masyarakat Papua,” ujar Menperin melalui siaran pers di Jakarta beberapa waktu lalu

Dibidang kerajinan misalnya, Kemenperin telah mengembangkan tas tradisional Papua bernama Noken, yang juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan tak benda, untuk memadukannya dengan beragam kreasi termasuk fesyen.

Selain itu, produksi pertanian dan perkebunan kawasan Papua juga dapat dipacu dengan pemanfaatan pupuk organik cair yang telah digunakan antara lain di Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Staf Khusus Presiden Lenis Kogoya mengatakan percepatan pembangunan perindustrian di Papua sangat diperlukan agar tidak mengalami ketertinggalan dari daerah lain.

“Beberapa saran pengembangan antara lain untuk pengolahan buah merah sebaiknya di Tolikara dan buah merah di Wamena. Sedangkan produksi garam rakyat di Kabupaten Intan Jaya,” ujarnya.

Sementara itu di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, diperlukan bimbingan teknik dan bantuan alat produksi mebel karena telah ditetapkan sebagai pusat pelatihan industri kecil dan menengah. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home