Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 18:36 WIB | Sabtu, 08 Agustus 2015

Inflasi Brasil Capai Rekor Tertinggi Sejak 2003

Ilustrasi: Presiden Brasil Dilma Rousseff. (Foto: reuters.com).

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Tingkat  inflasi tahunan Brasil melambung menjadi 9,56 persen pada Juli, rekor tertinggi sejak 2003, menurut data resmi pada Jumat (7/8).

Sejumlah harga terdorong lebih tinggi oleh peningkatan harga listrik yang naik 57,8 persen dalam 12 bulan terakhir, serta perumahan, makanan dan minuman, dan perawatan kesehatan yang semakin mahal.

Inflasi masih jauh di atas target bank sentral sebesar 4,5 persen meski terdapat kenaikan suku bunga sebanyak tujuh kali berturut-turut, yang baru-baru ini tercatat 14,25 persen.

Angka terbaru tersebut menambah kabar buruk yang dihadapi Presiden Dilma Rousseff, yang berjuang keras untuk memulai perekonomian terbesar ketujuh di dunia tersebut, yang diperkirakan akan mengalami kontraksi 1,49 persen pada tahun ini.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis pada Kamis (6/8) membukukan suara dukungan terhadap Rousseff hanya sebesar delapan persen, menjadikannya presiden yang paling tidak populer sejak akhir kediktatoran militer Brasil pada 1985. (Ant/AFP)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home