Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:18 WIB | Selasa, 15 November 2022

Inggris Bangun Lima Kapal Baru Hadapi Ancaman Rusia

Kapal fregat British Royal Navy Type 23 HMS Westminster terlihat berlabuh di Grand Harbour Valletta 27 Maret 2011. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris akan menghabiskan US$ 4,9 miliar untuk lima kapal Angkatan Laut baru untuk meningkatkan keamanan "dalam menghadapi peningkatan ancaman Rusia," kata Perdana Menteri Rishi Sunak, hari Selasa (15/11)dalam sebuah pernyataan Downing Street.

"Inggris dan sekutunya mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan mereka dalam menghadapi ancaman Rusia yang meningkat," kata pernyataan itu.

“Tindakan Rusia menempatkan kita semua dalam bahaya. Saat kami memberikan dukungan yang dibutuhkan rakyat Ukraina, kami juga memanfaatkan keluasan dan kedalaman keahlian Inggris untuk melindungi diri kami sendiri dan sekutu kami. Termasuk membangun kapal perang Inggris generasi berikutnya,” tambah Sunak.

Pengeluaran tersebut adalah fase berikutnya dalam program di mana tiga kapal sudah dalam pembangunan, dan kedelapan fregat diharapkan akan selesai pada pertengahan 2030-an, kata pernyataan itu.

Pengumuman itu datang bersama kedatangan Sunak di Bali, Indonesia untuk pertemuan Kelompok 20 (G20) yang diperkirakan akan menekan Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah menjauh, alih-alih mengirim menteri luar negerinya, tetapi Downing Street mengatakan Sunak dan sekutunya akan "menyeru" pemimpin Rusia sebagai "pengabaian tidak berperasaan terhadap hak asasi manusia dan menekankan bahwa peran Rusia dalam sistem internasional tidak akan pernah dinormalisasi selama perang di Ukraina berlanjut.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home