Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:44 WIB | Rabu, 09 November 2022

Tuduhan Bullying, Menteri Dalam Negeri Inggris Mengundurkan Diri

Menteri Negara Tanpa Portofolio Inggris, Gavin Williamson, berjalan di sepanjang Whitehall di London, Inggris, pada 7 November 2022. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Menteri Dalam Negeri Inggris, Gavin Williamson, mengundurkan diri pada hari Selasa (8/11) dari pemerintah atas tuduhan bahwa dia melalkukabn bullying dan menggertak rekan kerja, menimbulkan pertanyaan tentang penilaian Perdana Menteri Rishi Sunak, hanya beberapa pekan setelah menjabat.

Sunak menjadi perdana menteri ketiga Inggris dalam dua bulan pada bulan Oktober, berjanji untuk mengembalikan integritas dan profesionalisme ke jantung pemerintahan setelah berbulan-bulan kekacauan di bawah pendahulunya, Liz Truss dan Boris Johnson.

Tetapi dua pekan pertamanya dalam pekerjaan itu telah dibayangi oleh perselisihan tentang menteri dalam negerinya yang pertama, Suella Braverman, dan sekarang Williamson, yang telah dipaksa keluar dari pemerintahan untuk ketiga kalinya dalam waktu kurang dari empat tahun.

The Sunday Times dan surat kabar lainnya telah melaporkan bahwa rekan-rekannya menuduh Williamson bertindak dengan cara intimidasi, mengirim pesan berisi sumpah serapah dan mengatakan kepada seorang pejabat pemerintah untuk "menggorok leher Anda."

Williamson mengatakan dalam sepucuk surat kepada Sunak pada hari Selasa bahwa dia mematuhi proses pengaduan dan sementara dia membantah karakterisasi pesan yang dia akui menjadi gangguan bagi pemerintah.

“Oleh karena itu, saya telah memutuskan untuk mundur dari pemerintah sehingga saya dapat sepenuhnya mematuhi proses pengaduan yang sedang berlangsung dan membersihkan nama saya dari kesalahan apa pun,” katanya dalam surat yang dia publikasikan di Twitter.

“Dengan sangat sedih saya mengajukan pengunduran diri saya.”

Sunak mengatakan dalam sebuah surat sebagai tanggapan bahwa dia menerima pengunduran diri dengan "sangat sedih" tetapi mendukung keputusan tersebut.

Dalam upaya untuk menenangkan faksi-faksi yang bertikai di partainya dan untuk membangun pemerintahan yang dapat bertahan lama, Sunak telah menunjuk menteri dari semua sayap Partai Konservatif ketika ia menjadi perdana menteri pada akhir Oktober.

Tapi penunjukan Williamson telah menimbulkan protes. Williamson dipecat sebagai menteri pertahanan pada 2019 karena kebocoran keamanan nasional, dan lagi tahun lalu ketika orang tua mengkritik penanganannya terhadap pandemi COVID-19 dan sekolah selama menjabat sebagai sekretaris pendidikan.

Sunak juga mendapat kecaman karena mengembalikan Braverman ke kementerian dalam negeri, atau Home Office, kurang dari sepekan setelah dia dipecat oleh pendahulunya karena melanggar aturan keamanan email.

Partai Buruh yang oposisi mengatakan pengunduran diri Williamson adalah "cerminan buruk dari perdana menteri yang lemah."

“Ini adalah contoh lain dari penilaian buruk dan kepemimpinan Rishi Sunak yang lemah,” Angela Rayner, wakil pemimpin Partai Buruh, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah dan sesama menteri sebelumnya mengatakan bahwa pesan Williamson, jika benar, tidak dapat diterima tetapi itu lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelidiki situasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home