Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 14:59 WIB | Selasa, 09 Desember 2014

Ini Alasan Hari AntiKorupsi Internasional Dipusatkan di Yogyakarta

Gerbang masuk menuju venue Peringatan Hari AntiKorupsi Internasional (HAKI) di Graha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta. Peringatan HAKI dihelat selama 9-11 Desember 2014. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Hari AntiKorupsi Internasional (HAKI) yang jatuh pada 9 Desember diperingati dengan berbagai kegiatan. Di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sengaja menggelar peringatan HAKI di luar Jakarta. Peringatan HAKI tahun ini dipusatkan di Yogyakarta, tepatnya di tiga tempat, yaitu Graha Sabha Pramana (GSP), Universitas Gajah Mada (UGM), Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosoemantri (PKKH), dan Stadion Kridosono.

Menurut Deputi Bidang Penindakan yang sekaligus bertindak sebagai Juru Bicara KPK, Johan Budi, Yogyakarta dipilih sebagai tempat perhelatan HAKI tahun ini karena berbagai alasan. Johan menjelaskan bahwa dari sekian banyak alasan, salah satu alasan dipilihnya Yogyakarta karena Kota Pelajar ini termasuk ke dalam 10 besar kota yang memiliki Indeks Integritas tertinggi tingkat daerah pada 2013.

“Ada berbagai alasan kenapa peringatan HAKI digelar di Yogyakarta. Alasannya adalah Yogyakarta masuk ke dalam 10 besar kota dengan Indeks Integritas tertinggi di daerah pada tahun 2013. Selain itu, kota ini juga mendapatkan skor tertinggi dalam Survey Persepsi Masyarakat (SPM) KPK terkait dengan Pemilu Berintegritas pada 2014 silam dan peringkat tertinggi dalam indeks tata kelola Indonesia Government Index (IGI),” demikian jelas Johan pada Selasa (9/12).

Johan Budi juga menjelaskan bahwa KPK memiliki program khusus dengan menjadikan salah satu wilayah di Yogyakarta sebagai pilot project dalam hal pencegahan korupsi berbasis keluarga. Menurut Johan, wilayah yang dijadikan pilot project tersebut adalah Kelurahan Prenggan di Kota Gede, Kota Yogyakarta.

“Salah satu wilayah di Yogyakarta, yaitu di Kelurahan Prenggan, Kota Gede, menjadi pilot project KPK dalam hal Pencegahan Korupsi Berbasis Keluarga. Ini juga menjadi alasan kenapa HAKI tahun ini digelar di Yogyakarta,” jelas Johan.

Secara resmi, HAKI 2014 yang digelar di Yogyakarta telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (9/12) pagi di Graha Sabha Pramana, UGM. Dalam perhelatan yang digelar selama 9-11 Desember 2014, HAKI akan diwarnai dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, karnaval gropyokan antikorupsi, konser gropyokan antikorupsi, perhelatan budaya antikorupsi, pemutaran film pencegahan korupsi, hingga rupa-rupa acara parenting pencegahan korupsi secara dini. 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home