Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:16 WIB | Selasa, 09 Desember 2014

Kemensos Luncurkan "Whistle Blowing System Online"

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok satuharapan.com/Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Sosial meluncurkan "Whistle Blowing System Online", untuk pelaporan dugaan tindakan penyimpangan, misalnya korupsi bagi internal di kementerian tersebut.

"Secara online mereka bisa melaporkan jika melihat ada sesuatu yang harus diluruskan," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada workshop antikorupsi di Gedung Aneka Bhakti Kemensos di Jakarta, Selasa (9/12).

Workshop dengan tema "Memperkuat Integritas dan Kinerja Aparatur Kementerian Sosial dalam Mencegah Perilaku Korupsi" itu, digelar dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Internasional.

Khofifah mengingatkan agar nantinya jika ada yang melapor harus ada nama yang jelas sehingga tidak menjadi sumber fitnah.

"Sistem ini hanya bisa diakses Irjen dan Mensos. Kalau kira-kira ada kegalauan harus ada perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK)," kata Khofifah.

Masyarakat umum juga dapat melaporkan jika ada hal yang menyimpang ke pengaduan masyarakat lewat Dumas Online.

Berdasarkan data Irjen Kemensos selama 2014, terdapat 43 laporan dan sekitar 11 di antaranya ditindaklanjuti.

Pada kesempatan itu juga diluncurkan Warung Jujur, tempat pembeli melayani diri sendiri dan pembeli diharapkan berlaku jujur karena barang yang dijual tidak dijaga.

Selain itu juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh eselon I di Kementerian Sosial. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home