Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:22 WIB | Sabtu, 05 Maret 2022

Invasi Rusia: AS Sebut Serangan ke Pembangkit Tenaga Nuklir sebagai Kejahatan Perang

Invasi Rusia: AS Sebut Serangan ke Pembangkit Tenaga Nuklir sebagai Kejahatan Perang
Petugas medis melakukan CPR pada seorang gadis di rumah sakit kota Mariupol, yang terluka dalam penembakan di daerah perumahan di Ukraina timur, Minggu, 27 Februari 2022. Gadis itu tidak selamat. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Invasi Rusia: AS Sebut Serangan ke Pembangkit Tenaga Nuklir sebagai Kejahatan Perang
Orang-orang yang melarikan diri dari Ukraina mengantre untuk naik bus di perbatasan di Medyka, Polandia, Jumat, 4 Maret 2022. Lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Ukraina setelah invasi Rusia dalam eksodus pengungsi tercepat di abad ini, kata PBB Kamis. (Foto: AP/Markus Schreiber)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ukraina menyebut serangan Rusia terhadap pembangkit nuklir sebagai kejahatan perang.

"Ini adalah kejahatan perang untuk menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir," kata pernyataan kedutaan. “Penembakan oleh Putin terhadap pembangkit nuklir terbesar di Eropa membawa terornya selangkah lebih maju.”

Pasukan Rusia merebut pabrik itu pada hari Jumat (4/3) dalam serangan yang membakarnya dan secara singkat menimbulkan kekhawatiran akan bencana nuklir. Api berhasil dipadamkan dan tidak ada radiasi yang dilepaskan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyebut tindakan Rusia sebagai “terorisme nuklir” dan meminta Dewan Keamanan PBB untuk bertindak melindungi fasilitas nuklir Ukraina yang terancam punah.

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, mengimbau Badan Energi Atom Internasional dan Uni Eropa untuk mengirim perwakilan ke kelima pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina. "Ini adalah pertanyaan tentang keamanan seluruh dunia," katanya dalam pidato video malam hari.

 

PBB Bahas Situasi Kemanusiaan di Ukraina

PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA, Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan terbuka pada hari Senin (7/3) mengenai situasi kemanusiaan yang memburuk di Ukraina ketika serangan Rusia meningkat.

Amerika Serikat dan Albania meminta pertemuan itu, yang akan mendengarkan pengarahan oleh kepala kemanusiaan PBB, Martin Griffiths, dan Catherine Russell, direktur eksekutif badan anak-anak PBB UNICEF, kata para diplomat hari Jumat (4/3).

Atas permintaan Prancis dan Meksiko, pertemuan dewan akan diikuti dengan konsultasi tertutup mengenai rancangan resolusi tentang penderitaan kemanusiaan jutaan warga Ukraina yang telah dipelopori oleh kedua negara, kata para diplomat, yang berbicara dengan syarat anonim karena negosiasi mengenai pertemuan bersifat pribadi.

Perserikatan Bangsa-bangsa meluncurkan seruan darurat pada 1 Maret sebesar US$ 1,7 miliar untuk menanggapi kebutuhan kemanusiaan yang melonjak baik dari orang-orang yang melarikan diri dari Ukraina dan yang tetap tinggal di negara itu. Ia segera menerima janji sebesar US$ 1,5 miliar, dan mendesak agar janji itu segera diubah menjadi uang tunai.

PBB memperkirakan bahwa 12 juta orang yang tinggal di Ukraina dan empat juta yang melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam beberapa bulan mendatang akan membutuhkan bantuan kemanusiaan.

 

Hawaii Kutuk Invasi Rusia ke Ukraina

HONOLULU, Dewan Perwakilan Rakyat Hawaii memberikan suara 47-1 untuk meloloskan resolusi yang mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina dan mendukung sanksi ekonomi Amerika Serikat terhadap Rusia.

“Ukraina berjuang untuk menikmati hak-hak dasar yang sama yang dijanjikan orang Amerika saat lahir: kebebasan berbicara, keamanan dalam masyarakat demokratis dan perlindungan yang sama di bawah hukum,” kata Patrick Pihana Branco, seorang Demokrat.

Banyak anggota parlemen mengenakan warna biru dan kuning, warna bendera Ukraina, pada hari Jumat untuk menunjukkan dukungan mereka kepada negara yang diperangi. Dale Kobayashi, seorang Demokrat, memberikan suara tunggal menentang tindakan tersebut.

“Saya hanya belum melihat resolusi serupa yang mengutuk kami atas agresi militer kami sebagai Amerika Serikat,” kata Kobayashi.

Secara terpisah, pemilik kilang minyak Hawaii memutuskan untuk menangguhkan pembelian minyak Rusia, yang dalam beberapa tahun terakhir telah menyumbang hingga sepertiga dari minyak mentah yang dikonsumsi di pulau-pulau itu. Hawaii berencana untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar negara bagian dengan sumber lain terutama dari Amerika Utara dan Selatan, Honolulu Star-Advertiser melaporkan.

 

Ukraina Menuntut Koridor Evakuasi Sipil

KIEV, Kepala dewan keamanan Ukraina meminta Rusia untuk membuat koridor kemanusiaan untuk memungkinkan anak-anak, perempuan dan orang tua untuk melarikan diri dari pertempuran.

Oleksiy Danilov mengatakan Jumat lebih dari 840 anak-anak terluka dalam perang itu . Sehari sebelumnya, pemerintah Ukraina menyebutkan jumlah korban tewas di antara anak-anak mencapai 28 orang.

Dia berbicara menjelang pembicaraan terakhir antara delegasi Ukraina dan Rusia, yang direncanakan akhir pekan ini.

“Pertanyaan tentang koridor kemanusiaan adalah pertanyaan No. 1,” kata Danilov di televisi Ukraina. “Anak-anak, perempuan, orang tua, apa yang mereka lakukan di sini?”

Pasukan Rusia telah mengepung dan memblokade beberapa kota besar di selatan negara itu, termasuk Mariupol, mencoba untuk memisahkan Ukraina dari Laut Hitam dan Laut Azov.

Pejabat Ukraina telah meminta bantuan dari Palang Merah dalam mengatur koridor, menggambarkan situasi di kota-kota yang diblokade sebagai "dekat dengan bencana."

 

Presiden Ukraina Bahas Situasi dengan Senator AS

WASHINGTON, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, akan berbicara dengan para senator Amerika Serikat melalui panggilan konferensi video Sabtu pagi, menurut seseorang yang mengetahui undangan dari kedutaan Ukraina.

Semua senator diundang untuk pembicaraan tersebut, menurut orang tersebut, yang meminta anonimitas untuk membahas undangan pribadi. Pertemuan itu akan menjadi pertama kalinya anggota parlemen berbicara dengan presiden Ukraina sejak Rusia menginvasi negaranya.

Seruan itu akan datang ketika Kongres sedang mempertimbangkan permintaan dana darurat sebesar US$ 10 miliar, dengan uang akan digunakan untuk bantuan kemanusiaan dan kebutuhan keamanan di negara yang dilanda perang itu. Persetujuan bisa datang paling cepat minggu depan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home