Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:46 WIB | Sabtu, 05 Maret 2022

Terbaru Invasi ke Ukraina: Rusia Sahkan UU Baru tentang Penyebaran Informasi Aksi Militer

Mobil hancur setelah serangan udara malam di desa Bushiv, 40 kilometer barat Kiev, Ukraina, Jumat, 4 Maret 2022. Perang Rusia di Ukraina sekarang di hari kesembilan dan pasukan Rusia telah menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, memicu api di sana yang padam dalam semalam. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Rusia telah meloloskan RUU yang memperkenalkan hukuman hingga 15 tahun penjara karena sengaja menyebarkan informasi “palsu” tentang aksi militer.

Kantor berita negara Rusia melaporkan pada hari Jumat (4/3) pengesahan RUU tersebut. Perkembangan itu terjadi di tengah tindakan keras oleh otoritas Rusia terhadap media independen dan kritik terhadap invasi Ukraina pekan lalu.

RUU itu sekarang menuju ke majelis tinggi parlemen, yang persetujuannya diharapkan menjadi formalitas, sebelum Presiden Vladimir Putin dapat menandatanganinya menjadi undang-undang.

Ketua Duma, Vyacheslav Volodin, mengatakan itu mungkin mulai berlaku pada hari Sabtu (5/3).

Menyebarkan apa yang dianggap otoritas Rusia sebagai informasi palsu dapat dihukum hingga tiga tahun penjara, atau 15 tahun jika dianggap memiliki “konsekuensi berat.” RUU itu juga melarang seruan agar sanksi diterapkan terhadap Rusia.

Kurang dari dua jam setelah RUU itu disahkan, situs web berita Znak mengatakan kantor media itu ditutup, mengutip "sejumlah besar pembatasan yang muncul baru-baru ini mempengaruhi pekerjaan media di Rusia."

Stasiun radio independen terkemuka Rusia Ekho Moskvy ditutup pada hari Kamis dan stasiun TV independen Dozdh menghentikan operasinya setelah menerima ancaman penutupan dari pihak berwenang.

 

Palang Merah Internasional: Terjadi Krisis Kemanusiaan Akibat Invasi Rusia

BERLIN, Ketua Komite Internasional Palang Merah mengatakan kelompok kemanusiaan itu “melihat krisis kemanusiaan yang menghancurkan terjadi di Ukraina.”

Peter Maurer menyerukan pada hari Jumat untuk semua pihak dalam konflik untuk mematuhi aturan perang, menghindarkan warga sipil dari operasi militer dan memungkinkan mereka lewat dengan aman.

Maurer mengatakan tim Palang Merah "menerima banyak telepon dari orang-orang yang sangat membutuhkan keselamatan."

“Angka korban terus meningkat sementara fasilitas kesehatan berjuang untuk mengatasinya,” katanya. “Warga sipil yang tinggal di tempat penampungan bawah tanah memberi tahu kami bahwa mereka melarikan diri dari peluru yang jatuh tepat di atas kepala. Mereka tidak memiliki pakaian tambahan, persediaan atau obat-obatan yang mereka butuhkan. Mereka membutuhkan bantuan sekarang.”

 

China Khawatir Keamanan Fasilitas Nuklir Ukraina

BEIJING, hina mengatakan "sangat prihatin dengan keselamatan dan keamanan" fasilitas nuklir di Ukraina menyusul kebakaran di pembangkit nuklir terbesar di Eropa yang dipicu oleh tembakan artileri Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Wang Wenbin, mengatakan kepada wartawan hari Jumat (4/3) bahwa China akan terus mengikuti perkembangan di pabrik Zaporizhizhia di kota Enerhodar dan “menyerukan semua pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri, mencegah eskalasi situasi lebih lanjut dan memastikan keamanan fasilitas nuklir yang bersangkutan.”

“China sangat mementingkan keselamatan nuklir dan sangat prihatin dengan situasi keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir di Ukraina,” kata Wang.

Komentar juru bicara itu menandai tanda kegelisahan China yang langka atas perang di Ukraina, di mana Beijing sebagian besar berpihak pada tetangganya dan mitra keamanan dekatnya, Rusia. Pemimpin China, Xi Jinping, menjamu Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada awal Februari, setelah itu kedua pihak mengeluarkan pernyataan bersama yang panjang yang berjanji untuk saling mendukung.

China telah abstain pada pemungutan suara di PBB tentang sanksi Rusia dan menuntut penarikan pasukan Rusia, dan menyalahkan invasi Rusia yang tidak beralasan pada kemajuan timur NATO dan kurangnya perhatian terhadap masalah keamanan Rusia.

 

Australia Bekukan Asset Senilai US$ 33 Juta Milik Rusia    

CANBERRA, Menteri luar negeri Australia mengatakan 45 juta dolar Australia (US$ 33 juta) telah dibekukan di sebuah lembaga keuangan Australia di bawah sanksi baru sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina. Namun menolak untuk mengidentifikasi lembaga atau siapa yang memiliki uang itu.

Australia telah memberlakukan sanksi terhadap lebih dari 350 orang Rusia termasuk Presiden Vladimir Putin. Australia juga menargetkan dengan sanksi 13 entitas dan individu Belarusia termasuk Menteri Pertahanan Viktor Khrenin.

 

Kebakaran di Pembangkir Tenaga Nuklir Ukraina Telah Padam

KIEV, Pihak berwenang Ukraina mengatakan pada hari Jumat bahwa kebakaran di pembangkit nuklir terbesar di Eropa yang dipicu oleh tembakan Rusia telah padam, dan pasukan Rusia telah mengambil alih lokasi tersebut.

Administrasi militer daerah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa api di pabrik Zaporizhzhia di Enerhodar telah padam, dan ada kerusakan pada kompartemen reaktor No. 1 tetapi tidak mempengaruhi keselamatan unit daya. Tidak ada informasi segera tersedia tentang korban.

Administrasi militer mengatakan pasukan Rusia mengambil alih situs itu dan personel operasional memastikan operasinya aman.

Sebelumnya, pejabat pabrik mengatakan bahwa penembakan menghantam gedung administrasi dan reaktor No. 1. Walikota kota dan layanan darurat negara bagian juga mengatakan api telah padam.

Serangan udara Rusia pada Kamis menghancurkan pembangkit listrik di Okhtyrka, membuat kota itu tanpa pemanas atau listrik, kata kepala wilayah itu di Telegram. Pada hari-hari pertama perang, pasukan Rusia menyerang sebuah pangkalan militer di kota itu, yang terletak di antara Kharkiv dan Kiev, dan para pejabat mengatakan lebih dari 70 tentara Ukraina tewas.

“Kami mencoba mencari cara untuk segera mengeluarkan orang dari kota karena dalam sehari gedung apartemen akan berubah menjadi perangkap batu yang dingin tanpa air, lampu, atau listrik,” kata Dmytro Zhyvytskyy. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home