Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:49 WIB | Selasa, 20 Juli 2021

Irak: Bom Bunuh Diri ISIS Tewaskan 53 Orang

Sebuah ledakan di pasar lokal di kota Sadr, Irak, di timur ibu,kota Baghdad. (Foto: Twitter via Al Arabiya)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Serangan bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai puluhan lainnya di pasar yang ramai di lingkungan Kota Sadr di Baghdad, Irak, pada hari Senin (19/7), menjelang perayaan Idul Adha, kata sumber keamanan dan rumah sakit.

Lebih dari 60 orang terluka, kata sumber polisi.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, kata kantor berita kelompok itu Nasheer di Telegram. Dikatakan salah satu gerilyawan meledakkan rompi peledaknya di tengtah kerumunan.

Sumber rumah sakit mengatakan jumlah korban tewas bisa meningkat karena beberapa yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi, mengadakan pertemuan mendesak dengan komandan keamanan tinggi untuk membahas serangan itu, kata kantor perdana menteri dalam sebuah pernyataan singkat.

Presiden Barham Salih memposting tweet yang mengatakan: "Dengan kejahatan yang mengerikan mereka menargetkan warga sipil di kota Sadr pada malam Idul Fitri... Kami tidak akan beristirahat sebelum terorisme tercabut dari akarnya."

Pada bulan April, kelompok militan Muslim Sunni Negara Islam (IS atau ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom mobil di sebuah pasar di Kota Sadr, lingkungan Muslim Syiah utama di kota Baghdad, yang menewaskan empat orang dan melukai 20 orang.

ISIS juga mengaku bertanggung jawab atas serangan bom Januari lalu yang menewaskan lebih dari 30 orang di pasar Tayaran Square yang ramai di Baghdad tengah, bom bunuh diri besar pertama Irak selama tiga tahun.

Serangan bom besar pernah terjadi hampir setiap hari di ibu kota Irak, tetapi telah berkurang sejak invasi ISIS ke Irak utara dan barat dikalahkan pada tahun 2017. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home