Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:08 WIB | Rabu, 17 April 2024

Iran Serang Langsung ke Israel, Akhiri Perang Bayangan, Ketegangan Meningkat di Dalam Negeri

Seorang perempuan berjalan melewati spanduk anti-Israel di sebuah gedung di Lapangan Felestin (Palestina) di pusat kota Teheran, Iran, Minggu, 14 April 2024. Israel pada hari Minggu memuji pertahanan udaranya dalam menghadapi serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan mengatakan sistem ini menggagalkan 99% dari lebih dari 300 drone dan rudal yang diluncurkan ke wilayahnya. Tanda dalam bahasa Ibrani berbunyi: “Kesalahan Anda berikutnya akan menjadi akhir dari negara palsu Anda.” Tanda dalam bahasa Farsi berbunyi: “Tamparan berikutnya akan lebih keras.” (Foto: AP/Vahid Salemi)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM- Serangan langsung Iran terhadap Israel pada akhir pekan membalikkan peperangan bayangan yang dilakukan selama beberapa dekade, sesuatu yang digunakan Teheran untuk mengelola dampak internasional atas tindakannya.

Namun ketika ketegangan ekonomi dan politik sedang memanas, teokrasi Syiah di negara tersebut memilih jalan baru seiring dengan perubahan yang akan terjadi di Republik Islam Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-85 pada hari Jumat (19/4), tanpa ada penerus yang jelas dan masih menjadi penentu akhir dari setiap keputusan yang diambil Iran.

Dia Mulai berkuasa setelah perang delapan tahun yang menghancurkan antara Iran dan Irak pada tahun 1980-an, Khamenei berkhotbah selama bertahun-tahun tentang “kesabaran strategis” dalam menghadapi saingan utama pemerintahannya, Israel dan Amerika Serikat, untuk menghindari pertempuran terbuka.

Hal ini menyebabkan Iran berinvestasi lebih besar pada kekuatan milisi regional untuk mengganggu Israel – seperti Hamas di Jalur Gaza atau milisi Hizbullah di Lebanon – dan membendung AS, seperti halnya milisi yang menanam bahan peledak rakitan yang menghancurkan dan menewaskan pasukan Amerika selama perang Irak.

Hal ini bahkan meluas ke negara-negara miskin di Yaman, di mana Iran mempersenjatai pemberontak Houthi dan memperkuat pengambilalihan ibu kota oleh Iran dan mengekang koalisi pimpinan Arab Saudi yang masih terjebak dalam perang selama bertahun-tahun di sana.

Strategi itu berubah pada hari Sabtu (13/4). Setelah peringatan selama berhari-hari, Iran meluncurkan 170 drone pembawa bom, lebih dari 30 rudal jelajah dan lebih dari 120 rudal balistik ke arah Israel, menurut hitungan Israel. Senjata-senjata itu termasuk drone pembawa bom yang sama yang dipasok Iran ke Rusia untuk perang sengitnya melawan Ukraina.

Meskipun Israel dan AS menggambarkan 99% proyektil tersebut ditembak jatuh, Iran menyebut serangan itu berhasil. Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, mengatakan pada hari Senin bahwa serangan itu “untuk mencegah, menghukum dan memperingatkan rezim Zionis.” Khamenei sendiri menyerukan Iran untuk “menghukum” Israel juga.

Pemicu serangan itu terjadi pada tanggal 1 April, ketika dugaan serangan Israel menghantam gedung konsulat Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk seorang komandan utama Pasukan Quds ekspedisi paramiliter Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Namun, selama bertahun-tahun, Iran dan Israel saling menargetkan kepentingan masing-masing di Timur Tengah.

Israel diduga membunuh ilmuwan nuklir Iran dan menyabotase situs atom di Republik Islam. Di Suriah, Israel telah berulang kali mengebom bandara yang kemungkinan akan mengganggu pengiriman senjata Iran, serta membunuh petugas IRGC lainnya. Sementara itu, Iran diduga melakukan sejumlah pemboman dan serangan senjata yang menargetkan kepentingan Yahudi dan Israel selama beberapa dekade.

Namun serangan kedutaan itu membuat marah pemerintah Iran. “Menyerang konsulat kami seperti menyerang tanah kami,” kata Khamenei pada 10 April.

Hal ini juga terjadi di tengah momen yang penuh ketidakpastian bagi Iran. Seiring bertambahnya usia Khamenei, kekuasaan menjadi semakin terkonsolidasi di negara tersebut.

Kelompok garis keras mengendalikan setiap kekuasaan baik di badan keamanan maupun badan politik, dan tidak ada satu pun kelompok moderat yang pernah mendukung terwujudnya kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar.

Termasuk mantan Presiden Hassan Rouhani, yang memimpin upaya tersebut. Pihak berwenang pada awal tahun ini melarang Rouhani mencalonkan diri lagi untuk menduduki kursinya di Majelis Ahli, sebuah badan beranggotakan 88 ulama yang akan memilih pemimpin tertinggi Iran berikutnya.

Cengkeraman kekuasaan kelompok garis keras telah menyebabkan jumlah pemilih turun ke tingkat terendah sejak Revolusi Islam tahun 1979. Pencekikan mereka juga menjadikan mereka satu-satunya faksi politik yang patut disalahkan karena masyarakat masih marah dengan keruntuhan ekonomi Iran.

Runtuhnya perjanjian nuklir tersebut, setelah mantan Presiden AS, Donald Trump, secara sepihak menarik Amerika dari perjanjian tersebut pada tahun 2018, telah menyebabkan jatuhnya mata uang real Iran. Rial kini bergerak mendekati rekor terendah, diperdagangkan pada hari Senin (15/4) pada 658.000 per dolar – turun dari 32.000 pada saat perjanjian dicapai hampir satu dekade lalu.

Jaksa di Teheran telah memulai penyelidikan kriminal terhadap surat kabar Jahan-e Sanaat dan seorang jurnalis atas sebuah berita tentang kemungkinan dampak ekonomi dari serangan Iran terhadap Israel. Kantor berita pengadilan Mizan menggambarkan laporan tersebut “mengganggu keamanan psikologis masyarakat dan membuat suasana ekonomi negara bergejolak.”

Kasusnya muncul ketika jurnalis dan aktivis lainnya melaporkan bahwa mereka dipanggil oleh pihak berwenang, yang menandakan adanya tindakan keras baru terhadap setiap tanda perbedaan pendapat di negara tersebut.

Ada juga tanda-tanda bahwa pihak berwenang tampaknya sedang mempersiapkan upaya baru untuk menegakkan undang-undang wajib jilbab bagi perempuan.

“Polisi Teheran – seperti di provinsi lainnya – akan mulai menghadapi semua pelanggaran hukum terkait hijab,” kata kepala polisi Teheran, Brigjen. Jenderal Abbas Ali Mohammadian, menurut kantor berita semi resmi ISNA.

Beberapa perempuan di Teheran masih berjalan di jalanan dengan rambut terbuka, sebuah protes yang terus berlanjut sejak demonstrasi nasional pada tahun 2022 atas kematian Mahsa Amini, ditangkap polisi karena tidak memakai hijab sesuai keinginannya.

Penyelidik PBB mengatakan Iran bertanggung jawab atas kematian Amini dan dengan kekerasan memadamkan protes damai dalam tindakan keras keamanan selama berbulan-bulan yang menewaskan lebih dari 500 orang dan menyebabkan lebih dari 22.000 orang ditahan.

Dorongan baru untuk menerapkan jilbab mungkin akan menyulut kembali kemarahan tersebut, khususnya di Teheran. Sementara itu, masih ada rumor yang beredar bahwa pemerintah akan segera menaikkan harga bensin bersubsidi besar-besaran di negara ini. Kenaikan harga pada tahun 2019 berkembang menjadi protes anti pemerintah nasional yang dilaporkan menyebabkan lebih dari 300 orang terbunuh dan ribuan orang ditangkap.

Ketegangan tersebut, ditambah dengan cengkeraman kekuasaan kelompok garis keras dan usia Khamenei, menandakan akan adanya lebih banyak perubahan di negara ini. Dan meskipun Iran mengatakan mengenai serangannya pada hari Sabtu (13/4) bahwa “masalah tersebut dapat dianggap selesai” bahkan sebelum rudal mencapai Israel, hal itu tidak berarti tidak akan ada pembalasan lebih lanjut dari negara tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home