Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:30 WIB | Kamis, 18 April 2024

Marcos: Filipina Tidak Berencana Beri Lebih Banyak Akses Pangkalan Militer pada AS

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. berbicara pada KTT CEO Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco, California, AS, pada 15 November 2023. (Foto: dok. Reuters)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. hari Senin (15/4) mengatakan Amerika Serikat tidak akan diberikan akses ke lebih banyak pangkalan militer Filipina.

“Jawabannya adalah tidak. Filipina tidak memiliki rencana untuk membuka atau membangun lebih banyak pangkalan EDCA,” kata Marcos saat menjawab pertanyaan AFP.

Manila tahun lalu mengumumkan lokasi empat pangkalan militer lagi yang diizinkan militer AS untuk digunakan selain lima pangkalan yang disepakati berdasarkan Perjanjian Peningkatan Kerja Sama Pertahanan 2014, yang dikenal sebagai EDCA.

Kesepakatan itu memungkinkan pasukan AS untuk bergiliran dan menyimpan peralatan dan pasokan pertahanan.

Empat pangkalan tambahan tersebut mencakup lokasi di dekat Laut Cina Selatan yang disengketakan dan satu lagi tidak jauh dari Taiwan.

Pernyataan tersebut disampaikan Marcos dalam forum bersama Asosiasi Koresponden Asing Filipina yang dihadiri anggota militer Filipina dan diplomat asing. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home