Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 23:39 WIB | Jumat, 21 Agustus 2015

ISIS Hancurkan Biara dan Gereja Suriah dengan Buldoser

Biara yang dihancurkan ISIS di Suriah (Foto: Iraqi TV)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah atau populer dengan sebutan ISIS menghancurkan sebuah biara kuno dan gereja di dalamnya di Suriah tengah. Seorang rohaniawan dan aktivis mengatakan hal itu, sebagaimana dilaporkan oleh Times of Israel hari Jumat (21/8).

ISIS memposting foto-foto penghancuran tersebut di media sosial, yang menunjukkan buldoser dipakai untuk merusak dan meruntuhkan biara Saint Eliane di dekat kota  Qaryatain, pada hari Jumat. Kota ini sudah diduduki ISIS sejak awal Agustus.

Seorang pendeta Kristen mengatakan kepada The Associated Press di Damaskus bahwa militan ISIS juga menghancurkan sebuah gereja di dalam biara yang telah berdiri sejak abad pertama. Imam yang mengatakan itu tidak mau menyebut jati dirinya karena takut akan pembalasan.

Kelompok pembela Hak Asasi Manusia, Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris  yang melacak konflik Suriah, juga melaporkan perusakan biara.

Sejak menguasai sebagian wilayah Suriah, ISIS telah  menghancurkan masjid, gereja dan situs arkeologi. Kelompok teroris brutal itu telah membuat kebijakan menghancurkan semua artefak arkeologi yang menjadi saksi bagi eksistensi budaya Suriah dan Irak yang dianggap berseberangan dengan interpretasi radikal ISIS.

Awal pekan ini, militan ISIS telah memenggal  salah seorang arkeolog paling menonjol Suriah, yaitu Khaleed al-Asaad, 81 tahun. Arkeolog itu berusaha mempertahankan situs-situs bersejarah di Palmyra dan menolak untuk meninggalkan Palmyra, tanah kelahirannya. Hal itu lah yang menyebabkan dia dipenggal.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home