Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:33 WIB | Selasa, 11 Oktober 2016

ISIS Konfirmasi Menteri Informasinya Tewas

Bendera ISIS. (Foto; israelnationalnews.com)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Kelompok ISIS mengatakan seorang agen senior yang dianggap sebagai menteri informasi kelompok tersebut telah tewas, mengonfirmasi laporan sebulan sebelumnya oleh Pentagon.

Sebuah pernyataan ISIS melalui media sosial mengonfirmasi tewasnya Abu Mohammad al Furqan, alias Wa'il Adil Hasan Salman al Fayad, seraya mengatakan bahwa dia adalah "emir (komandan militer)" dari lembaga media pusat kelompok tersebut. Pernyataan pada hari Senin (10/10) itu tidak memberikan rincian lebih lanjut, kapan, di mana atau bagaimana dia tewas.

Pentagon pada bulan lalu mengatakan bahwa al Fayad, juga dikenal sebagai "Dr. Wa'il", tewas dalam serangan udara presisi pada 7 September dekat Raqa, kota Suriah yang menjadi ibu kota kelompok ISIS.

Tugas Furqan adalah mengawasi produksi media kelompok tersebut yang menunjukkan video penyiksaan dan eksekusi, kata Pentagon, sambil menggambarkan dia sebagai "salah satu pemimpin ISIL (ISIS) paling senior" dan seorang rekan dekat Abu Mohamed al Adnani, juru bicara kelompok ISIS yang tewas pada 30 Agustus.

Adnani diyakini pemimpin kedua tertinggi ISIS, setelah Abu Bakr al-Baghdadi.

Sejak ISIS mengumumkan kekhalifahannya di seluruh Irak dan Suriah pada 2014, ISIS menjadi terkenal karena menyiarkan taktik menakutkannya.

Jaringan internet kelompok tersebut mengambil keuntungan dari media sosial untuk menyebarkan rekaman pembunuhan massal dan pemenggalan kepala. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home