Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:30 WIB | Senin, 27 November 2023

Israel dan Hamas Sepakat Gencatan Senjata di Gaza Selama Empat Hari

Sebanyak 50 sandera akan dibebaskan oleh Hamas.
Warga Israel ambil bagian dalam pertemuan dan doa di Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, tempat doa paling suci Yudaisme, menyerukan pembebasan sandera yang disandera oleh kelompok Islam Palestina Hamas dalam serangan 7 Oktober, di Yerusalem, 7 November. 2023. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata selama empat hari yang akan membuat kelompok Palestina membebaskan puluhan sandera yang disandera pada 7 Oktober, kedua belah pihak mengumumkan pada Rabu (22/11).

Kabinet Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyetujui perjanjian tersebut setelah pertemuan hampir sepanjang malam, di mana ia mengatakan kepada para menterinya bahwa ini adalah “keputusan yang sulit namun merupakan keputusan yang tepat.”

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan kepada AFP bahwa berdasarkan perjanjian tersebut, setidaknya 50 sandera Israel dan asing akan dibebaskan, perempuan dan anak-anak, sebagai imbalan atas “jeda” operasi militer selama empat hari.

Untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan, akan ada satu hari gencatan senjata tambahan.

Hamas mengeluarkan pernyataan menyambut “gencatan senjata kemanusiaan”, yang dikatakan juga akan membebaskan 150 warga Palestina dari penjara Israel.

Gencatan senjata ini menawarkan kepada warga Gaza prospek jeda yang sangat diinginkan, meskipun singkat, setelah hampir tujuh pekan perang total.

Sumber dari Hamas dan Jihad Islam, kelompok militan lainnya, sebelumnya mengatakan kepada AFP bahwa gencatan senjata akan mencakup gencatan senjata total di lapangan dan penghentian operasi udara Israel di Gaza selatan.

Persetujuan kabinet Israel adalah salah satu hambatan terakhir dalam berlakunya perjanjian tersebut. Qatar telah membantu menengahi pembicaraan tersebut.

Menjelang pemungutan suara, Netanyahu menghadapi pemberontakan dari koalisi sayap kanannya, yang beberapa di antara mereka percaya bahwa perjanjian tersebut akan memberikan terlalu banyak keuntungan bagi militan Palestina yang bertanggung jawab atas serangan terburuk dalam sejarah Israel.

Menteri Keamanan Nasional garis keras, Itamar Ben-Gvir, mengindikasikan dia akan memberikan suara menentang perjanjian tersebut, dengan mengatakan perjanjian itu harus mencakup pembebasan tentara Israel.

Serangan Hamas pada 7 Oktober menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 240 sandera, warga sipil dan militer, yang diyakini ditahan di Gaza.

Serangan berdarah tersebut memicu Operasi “Pedang Besi”, serangan udara dan darat yang dilakukan Israel di Gaza yang dikuasai Hamas, yang menurut pihak berwenang Palestina telah menewaskan 14.100 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak.

Namun ketika puluhan keluarga di Israel dan sekitarnya sangat ingin agar orang-orang yang mereka cintai kembali ke rumah mereka, dan masyarakat Israel khawatir dengan nasib para sandera, pemerintah mengesampingkan kekhawatiran tersebut.

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan sebelum pertemuan penting tersebut bahwa dia telah mendapatkan jaminan bahwa kesepakatan tersebut tidak akan mengakhiri perang untuk menghancurkan Hamas.

“Segera setelah kita menyelesaikan fase ini,” katanya, operasi keamanan akan “terus berlanjut dengan kekuatan penuh.”

Dalam sebuah pernyataan, kantor Netanyahu menggarisbawahi bahwa gencatan senjata tidak berarti akhir perang.

“Pemerintah Israel, tentara Israel dan pasukan keamanan akan melanjutkan perang untuk mengembalikan semua orang yang diculik, melenyapkan Hamas dan memastikan bahwa tidak ada lagi ancaman terhadap Negara Israel dari Gaza,” kata pernyataan itu.

Sebelumnya, warga Rafah, Hamza Abdel Razeq, menyambut baik gencatan senjata apa pun yang akan memberikan kelonggaran bagi warga Gaza yang telah mengalami pemboman Israel dan perluasan serangan darat.

“Rakyat benar-benar menderita,” katanya kepada AFP. “Jika mereka mencapai kesepakatan gencatan senjata lima hari sekarang, saya yakin hal itu akan membuka jalan bagi gencatan senjata yang lebih lama atau bahkan gencatan senjata total.”

Warga lainnya, Mahmud Abu Najm, menambahkan: “Kami… berdoa kepada Tuhan atas keberhasilannya karena masyarakat mengalami situasi yang tak tertahankan.”

Sebagian besar wilayah Gaza telah rata dengan tanah akibat ribuan serangan udara, dan wilayah tersebut dikepung, dengan sedikit sekali makanan, air, dan bahan bakar yang diperbolehkan masuk.

Menurut sumber Hamas dan Jihad Islam, kesepakatan yang diusulkan juga akan memungkinkan hingga 300 truk makanan dan bantuan medis memasuki Gaza.

Israel mendapat tekanan internasional yang kuat untuk menerapkan gencatan senjata kemanusiaan. Namun dalam beberapa hari terakhir mereka telah meningkatkan serangannya ke Gaza utara.

Militer Israel mengatakan serangan udara telah mengenai “sekitar 250” sasaran Hamas dalam satu hari terakhir, menghancurkan tiga lubang bawah tanah di wilayah Jabalia, yang menurut mereka telah dikepung sepenuhnya.

Di Rumah Sakit Indonesia di Jabalia, kementerian kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan serangan tersebut telah menewaskan puluhan orang, namun tidak ada konfirmasi independen mengenai jumlah korban.

Tentara Israel kemudian mengatakan pasukannya “menargetkan langsung” sumber api dari dalam Rumah Sakit Indonesia.

Doctors Without Borders (MSF) mengatakan tiga dokter, termasuk dua dokter yang dipekerjakannya, tewas dalam serangan Israel di rumah sakit Al-Awda di kamp pengungsi Jabalia.

Israel mengatakan Hamas menggunakan fasilitas medis untuk menyembunyikan pejuang dan sebagai pangkalan operasi, menjadikannya tujuan militer yang sah, namun menegaskan bahwa Hamas melakukan segala kemungkinan untuk membatasi bahaya terhadap warga sipil.

Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, yang disebut kelompok BRICS, pada hari Selasa menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera dan berkelanjutan di Gaza, dalam pertemuan puncak virtual yang dihadiri oleh ketuanya.

Ketua pertemuan tersebut, Afrika Selatan, menuduh Israel melakukan kejahatan perang dan “genosida”. Presiden China, Xi Jinping, dalam pertemuan puncak itu menuntut pembebasan tahanan sipil dan gencatan senjata antara Israel dan Hamas, kata media pemerintah. (AFP/ToI/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home