Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:43 WIB | Kamis, 02 November 2023

Ketua WHO Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Mengenang Situasi Perang di Ethiopia

Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada hari Senin (30/10) mengenang penderitaan yang dialaminya saat ia dibesarkan di Ethiopia pada masa perang ketika ia memohon kepada para pemimpin global untuk bersatu demi perdamaian.

WHO telah menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera dalam perang antara Israel dan Hamas demi keamanan pengiriman makanan, pasokan medis, dan bantuan lainnya ke Jalur Gaza.

Tedros mengatakan di X, sebelumnya Twitter, bahwa dia menyampaikan “permohonan yang rendah hati untuk gencatan senjata dan perdamaian.”

“Sebagai seorang anak yang terjebak dalam bayang-bayang perang, saya sangat mengenal bau, suara, dan pemandangannya. Saya sangat berempati terhadap mereka yang kini terjebak di tengah konflik, merasakan penderitaan mereka seolah-olah penderitaan saya sendiri,” katanya.

“Perang hanya membawa kehancuran, kengerian, dan kehancuran. Tidak ada lagi.

“Di saat kritis ini, mari kita bangkit mengatasi perpecahan dan menempuh jalan perdamaian. Perwujudan keberanian yang paling nyata terletak pada memilih perdamaian. Saya menyerukan para pemimpin dunia untuk bersatu dan memimpin dunia menuju perdamaian.”

Israel telah membombardir Gaza sejak kelompok bersenjata Hamas menyerbu perbatasan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik lebih dari 220 lainnya, menurut para pejabat Israel.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan serangan tersebut telah menewaskan lebih dari 8.000 orang, sebagian besar warga sipil dan banyak dari mereka adalah anak-anak.

Tedros mengutuk serangan Hamas yang “tidak dapat dibenarkan dan mengerikan”, dan mengatakan “anak-anaklah yang menanggung akibatnya” dalam pemboman terhadap sasaran di Gaza.

Ketika terpilih kembali untuk masa jabatannya yang kedua di WHO pada bulan Mei tahun lalu, Tedros, 58 tahun, mengenang masa kecilnya yang sederhana sebagai “anak perang… dari keluarga miskin.”

Dengan suara gemetar, ia mengenang pengalaman konflik di usia yang sangat muda, saat ia menggambarkan bagaimana emosi yang kuat muncul kembali saat kunjungannya ke Ukraina baru-baru ini.

“Ketika saya melihat anak-anak, yang terlintas di benak saya adalah gambaran dari lebih dari 50 tahun yang lalu; begitu terlihat, begitu menghantui; bau perang, suara perang, gambaran perang,” katanya sambil berlinang air mata.

“Itulah yang saya tidak ingin terjadi pada siapa pun. Jadi saya berharap perdamaian akan datang.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home