Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:29 WIB | Selasa, 20 Februari 2024

Israel Dituduh Menindas Kebebasan Dasar Palestina di Sidang ICJ

Menteri Luar Negeri Otoritas Palestina, Riyad Al-Maliki (tengah) dan Duta Besar PA untuk PBB, Riyad Mansour, kanan, duduk di pengadilan tertinggi PBB yang membuka sidang di Den Haag, Belanda, hari Senin, 19 Februari 2024. (Foto AP/Peter Dejong)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Israel menghadapi banyak kecaman di Mahkamah Internasional pada hari Senin (19/2), ketika perwakilan Palestina menuduh Yerusalem menciptakan pendudukan permanen dan ilegal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, dan membangun sistem apartheid dalam perlakuannya terhadap warga Palestina.

Persidangan pada hari Senin ini adalah yang pertama dari enam hari sidang di Den Haag mengenai permintaan Majelis Umum PBB untuk memberikan pendapat penasihat oleh ICJ mengenai “konsekuensi hukum” dari 56 tahun kekuasaan Israel di wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Otoritas Palestina, Riyad Maliki, menuduh Israel memberi warga Palestina pilihan untuk melakukan “pembersihan etnis, apartheid, atau genosida” karena kekuasaan jangka panjang Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, dan dia serta perwakilan Palestina lainnya meminta ICJ untuk melakukan hal berikut, “menyatakan bahwa pendudukan Israel adalah ilegal” dan menyerukan diakhirinya segera.

Sidang tersebut mendapat kecaman cepat dari Kementerian Luar Negeri Israel, dan kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menolak keabsahan persidangan tersebut, dengan menuduh bahwa persidangan tersebut “dirancang untuk merugikan hak Israel untuk mempertahankan diri dari ancaman eksistensial,” dan “mendiktekan hasil penyelesaian diplomatik tanpa negosiasi apa pun.”

Dalam pernyataan singkat kepada ICJ yang dikeluarkan tahun lalu sebagai tanggapan terhadap proses tersebut, Israel menekankan bahwa upaya sebelumnya untuk menyelesaikan konflik secara politik telah gagal, merujuk pada pernyataan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, mantan Menteri Luar Negeri AS, Condoleezza Rice, dan mantan Menteri Luar Negeri Israel. Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat Pangeran Bandar bin Sultan, menuduh Palestina gagal mencapai kesepakatan dengan Israel dan dengan demikian mengakhiri kekuasaan Israel di wilayah tersebut.

Otoritas Palestina telah melobi Majelis Umum PBB untuk meminta pendapat penasihat. Mereka sedang mencari keputusan pengadilan bahwa pemerintahan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur adalah ilegal, dan bahwa Israel harus mengakhiri peraturan tersebut, membongkar permukiman Israel, dan memberikan ganti rugi kepada warga Palestina yang dirugikan olehnya.

Pendapat yang diberikan oleh ICJ tidak mengikat dan tidak memiliki konsekuensi hukum, namun sidang tersebut tetap membawa beban emosional dan diplomatik yang sangat besar di tengah perang Israel dengan Hamas di Gaza setelah serangan tanggal 7 Oktober dan meningkatnya kritik di seluruh dunia terhadap hubungan negara Yahudi tersebut dengan Palestina pada tahun 2017, baik di Gaza maupun Tepi Barat.

Pada hari Minggu, pemerintah Israel dengan suara bulat mendukung deklarasi yang menolak proposal yang dipimpin AS untuk menetapkan batas waktu yang pasti bagi pengakuan negara Palestina, dengan mengatakan bahwa hal ini akan menjadi “hadiah besar” atas pembantaian teroris di Israel selatan empat bulan lalu.

“Seorang Palestina dapat menghabiskan seluruh hidupnya sebagai pengungsi, tanpa mendapat martabat dan hak untuk kembali ke rumah… di bawah ancaman terus-menerus, orang-orang yang mereka cintai dijebloskan ke penjara Israel dan ditahan di sana tanpa batas waktu, dan tanah mereka dicuri, dijajah, dan dianeksasi,” kata Maliki dalam pidato pembukaannya untuk Palestina.

“Selama beberapa dekade, rakyat Palestina telah mengalami kolonialisme dan apartheid,” lanjutnya, dan meminta agar pengadilan “menyatakan bahwa pendudukan Israel adalah ilegal” dan bahwa pendudukan tersebut harus diakhiri “segera, secara menyeluruh dan tanpa syarat.”

Argumen lisan yang disampaikan oleh perwakilan Palestina hampir seluruhnya mengabaikan sifat politik konflik Israel-Palestina atas wilayah tersebut, upaya-upaya penyelesaian perselisihan di masa lalu, dan penerapan Perjanjian Oslo yang sedang berlangsung untuk menyelesaikannya dalam kerangka politik, bukan hukum.

Pengacara internasional Paul Reichler menyampaikan argumen hukum untuk kasus Palestina, dengan mengatakan bahwa kendali Israel atas wilayah tersebut merupakan pendudukan ilegal dan mengutip antara lain Piagam PBB serta resolusi Dewan Keamanan PBB 242, 478, dan 2334.

Dia menggambarkan gerakan pemukim di mana sekitar 700.000 warga Israel kini tinggal di permukiman Tepi Barat dan lingkungan Yerusalem Timur sebagai “perusahaan kolonial yang besar” di mana ia menuduh Israel telah “menanam pemukim” sebagai bagian dari tujuan aneksasi permanen.

Dia juga mengutip pernyataan beberapa pejabat senior Israel yang menunjukkan niat mereka untuk secara permanen mencaplok sebagian atau seluruh Tepi Barat, contohnya deklarasi Netanyahu pada tahun 2019 bahwa ia bermaksud mencaplok Lembah Yordan, serta komentar Menteri Keuangan, Bezalel Smotrich, bahwa itu adalah “ambisi nasional” untuk menguasai tanah dari Sungai Yordan hingga Laut Mediterania, yang mencakup seluruh Tepi Barat.

“Buktinya tidak terbantahkan. Di bawah payung pendudukan militer yang berkepanjangan, (Israel) terus-menerus mencaplok wilayah Palestina dan tujuannya Ini adalah akuisisi permanen atas wilayah ini dan pelaksanaan kedaulatan atas wilayah tersebut, yang bertentangan dengan tidak dapat diterimanya akuisisi wilayah tersebut dengan kekerasan,” kata Reichler.

“Pejabat senior Israel mengakui tujuan mereka adalah kedaulatan atas seluruh wilayah di garis hijau… tidak ada alasan untuk tidak menepati janji mereka karena tindakan mereka sejalan dengan hal tersebut.”

Prof Phillipe Sands, seorang pakar hukum internasional, menyampaikan argumen bahwa pemerintahan Israel selama puluhan tahun di Tepi Barat telah mengabaikan hak warga Palestina atas kewarganegaraannya.

“Orang-orang Palestina adalah bangsa yang berbeda. Oleh karena itu, mereka mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainnya, yaitu hak untuk menentukan nasib sendiri, untuk memutuskan sendiri bagaimana mereka akan hidup dan berorganisasi secara politik, sosial, dan ekonomi,” kata Sands. “(Israel) memutuskan bagaimana, atau jika memang ada, orang-orang Palestina dapat bertemu, berdagang, hidup dan mencintai.”

Dia menuduh pemerintah sayap kanan yang berkuasa di negara tersebut, yang mencakup banyak politisi yang menentang negara Palestina, merayakan “penolakan terhadap penentuan nasib sendiri, kedaulatan dan kenegaraan Palestina,” dan menuduh bahwa Israel bermaksud untuk mempertahankan situasi tersebut “selamanya. ”

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri mengecam sidang pada hari Senin setelah sidang selesai, dan menuduh PA “berusaha mengubah konflik yang seharusnya diselesaikan melalui negosiasi langsung dan tanpa pemaksaan eksternal menjadi proses hukum yang sepihak dan tidak tepat.” Sebuah pernyataan meminta pengadilan untuk menginstruksikan Palestina untuk menyelesaikan konflik melalui negosiasi langsung dengan Israel.

“Selama bertahun-tahun, kepemimpinan Palestina menolak negosiasi langsung untuk menyelesaikan konflik, sambil mendorong hasutan untuk melakukan terorisme, mempromosikan antisemitisme, dan memberikan insentif finansial kepada teroris yang membunuh orang Yahudi,” kata juru bicara tersebut.

“Semua hal ini tersembunyi dari Mahkamah dalam pertanyaan-pertanyaan yang menyimpang dan sepihak yang diajukan oleh Majelis Umum (PBB), yang berupaya untuk menentukan terlebih dahulu hasil-hasil persidangan tanpa memperhatikan prinsip-prinsip dasar hukum internasional dan kerangka hukum yang berlaku untuk konflik tersebut.” (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home