Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 13:16 WIB | Jumat, 12 Januari 2024

Israel: Kematian Dua Jurnalis dalam Serangan di Gaza Terkait Operasi Teror

Istri (kanan) dari Hamza Wael Dahdouh, seorang jurnalis jaringan televisi Al Jazeera, dan ayahnya, kepala biro Al Jazeera di Gaza, Wael Al-Dahdouh (kiri) berduka atas jenazahnya saat pemakamannya, setelah dia terbunuh dalam sebuah serangan udara Israel di Rafah di Jalur Gaza pada 7 Januari 2024. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Israel pada hari Rabu (10/1) mengklaim bahwa dua jurnalis Al Jazeera yang terbunuh dalam serangan udara di Gaza adalah “operasi teror.”

Hamza Wael Dahdouh dan Mustafa Thuria, yang juga bekerja sebagai perekam video untuk AFP dan organisasi berita lainnya, terbunuh pada hari Minggu (7/1) ketika mereka sedang bertugas untuk saluran yang berbasis di Qatar di kota Rafah.

Tentara mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (10/1) bahwa “intelijen telah mengkonfirmasi bahwa kedua korban tewas adalah anggota organisasi teroris yang berbasis di Gaza yang secara aktif terlibat dalam serangan terhadap pasukan IDF (tentara)”.

“Sebelum serangan, dua drone tersebut dioperasikan (oleh kedua jurnalis), sehingga menimbulkan ancaman bagi pasukan IDF,” kata militer.

Belum ada reaksi langsung dari saluran televisi dan keluarga kedua pria tersebut.

Ketika ditanya pada hari Rabu oleh AFP tentang jenis drone apa yang digunakan oleh kedua pria tersebut dan sifat ancaman yang ditimbulkan drone tersebut terhadap pasukan Israel, tentara mengatakan pihaknya sedang “memeriksa.”

Dikatakan bahwa Thuria diidentifikasi dalam sebuah dokumen yang ditemukan oleh pasukan di Gaza sebagai anggota Brigade Kota Gaza milik Hamas, sementara Dahdouh diidentifikasi sebagai “teroris” yang tergabung dalam Jihad Islam.

Pernyataan militer tersebut mencakup salinan dokumen yang dikatakan sebagai daftar “agen dari unit teknik elektronik Jihad Islam, termasuk Dahdouh dan nomor militernya.”

Dahdouh dan Thuria tewas ketika mobil yang mereka tumpangi terkena dua roket di sebuah jalan di Rafah, menurut para saksi. Jurnalis ketiga dan pengemudi mobil terluka.

Thuria, berusia 30-an, telah berkontribusi untuk AFP sejak 2019 dan juga bekerja dengan media internasional lainnya.

Dia dan Dahdouh ditugaskan untuk merekam dampak serangan terhadap sebuah rumah di Rafah dan mobil mereka ditabrak saat mereka dalam perjalanan pulang, kata koresponden AFP pada saat itu.

Segera setelah serangan tersebut, Al Jazeera mengatakan pihaknya “mengecam keras tindakan pasukan pendudukan Israel yang menargetkan mobil jurnalis Palestina”, menuduh Israel “menargetkan” jurnalis dan “melanggar prinsip kebebasan pers”.

Dalam sebuah pernyataan singkat, kantor pers Hamas mengatakan klaim tentara itu salah dan bahwa Israel “menciptakan dalih palsu untuk membenarkan pembantaian dan kejahatan terhadap warga sipil dan jurnalis Palestina”.

Ayah Hamzah, Wael al-Dahdouh, adalah kepala biro Al Jazeera di Gaza, dan baru-baru ini dia sendiri terluka dalam serangan setelah istri dan dua anaknya lainnya tewas dalam pemboman Israel pada pekan awal perang.

Segera setelah Dahdouh dan Thuria terbunuh, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan kematian mereka adalah “tragedi yang tak terbayangkan”.

“Dan hal ini juga terjadi pada... terlalu banyak pria, perempuan, dan anak-anak Palestina yang tidak bersalah,” kata Blinken.

Pada hari Senin, dua keponakan Wael, Ahmed al-Dahdouh dan Muhammad al-Dahdouh juga tewas dalam serangan ketika bepergian dengan mobil di Rafah, menurut kementerian kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas.

Perang di Gaza meletus ketika militan Hamas menyerbu perbatasan Gaza menuju Israel dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 7 Oktober yang menyebabkan sekitar 1.140 orang tewas, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Israel telah berjanji untuk memberantas Hamas, yang dikecam sebagai kelompok teroris oleh AS dan Uni Eropa, dan terus melakukan pemboman tanpa henti di Gaza, yang menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas telah menewaskan sedikitnya 23.357 orang, sebagian besar warga sipil.

Komite Perlindungan Jurnalis yang berbasis di New York mengatakan setidaknya 79 jurnalis dan profesional media, sebagian besar warga Palestina, telah terbunuh sejak perang dimulai. (AFP/ Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home