Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:36 WIB | Selasa, 19 Desember 2023

Seorang Jurnalis Akan Maju Bersaing dengan Putin di Pemilihan Presiden Rusia

Yekaterina Duntsova, mendapat dukungan lebih dari 500, syarat awal untuk maju dalam pemilihan presiden Rusia.
Yekaterina Duntsova, jurnalis dan ibu tiga anak, hendak menantang Putin di pemilihan presiden Rusia. (Foto: AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Delegasi dari partai yang berkuasa di Rusia dengan suara bulat mendukung upaya Presiden Vladimir Putin untuk terpilih kembali pada konferensi partai di Moskow pada hari Minggu (17/12), lembaga-lembaga negara melaporkan, hanya sehari setelah para pendukung pemimpin Kremlin secara resmi mencalonkan dia untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu tahun 2024 sebagai independen.

Seorang calon presiden Rusia yang kurang dikenal, yang menyerukan perdamaian di Ukraina, juga semakin dekat untuk mendaftar secara resmi sebagai kandidat, dan mendapatkan nominasi dari lebih dari 500 pendukung di ibu kota Rusia.

Dmitry Medvedev, ketua Partai Rusia Bersatu dan mantan presiden dan perdana menteri Rusia, meminta sesama anggota partai untuk “memobilisasi semua aktivis dan pendukung” untuk mendukung Putin sebelum pemungutan suara, yang dijadwalkan pada 15-17 Maret, menurut laporan lembaga-lembaga negara Rusia .

Dalam pidatonya di konferensi tersebut, Medvedev menyebut Putin sebagai “kandidat kami,” dan menegaskan bahwa terpilihnya kembali Putin untuk masa jabatan kelima sebagai kepala negara “harus benar-benar logis, sah, dan benar-benar tidak dapat disangkal.”

“Kita harus memobilisasi semua aktivis, semua pendukung untuk mencegah gangguan apapun selama kampanye Pemilu, menghentikan segala upaya untuk mempengaruhi jalannya kampanye dari luar, mengatur provokasi, menyebarkan informasi palsu, merugikan atau melanggar ketertiban umum,” kata Medvedev. .

Para analis menggambarkan terpilihnya kembali Putin sebagai sebuah kepastian, mengingat kontrol ketat yang ia miliki terhadap sistem politik Rusia selama 24 tahun kekuasaannya. Kritikus terkemuka yang bisa menantangnya dalam Pemilu berada di penjara atau tinggal di luar negeri, dan sebagian besar media independen telah dilarang di Rusia.

Pada hari Sabtu, sebuah kelompok yang terdiri dari pejabat tinggi partai Rusia Bersatu, aktor terkemuka Rusia, penyanyi, atlet, dan tokoh masyarakat lainnya secara resmi mencalonkan Putin untuk mencalonkan diri sebagai calon independen.

Pencalonan oleh kelompok yang terdiri dari setidaknya 500 pendukung adalah wajib berdasarkan undang-undang pemilu Rusia bagi mereka yang tidak mencalonkan diri dalam partai. Kandidat independen juga perlu mengumpulkan tanda tangan dari setidaknya 300.000 pendukung di 40 atau lebih wilayah Rusia.

Kandidat Lain Seorang Perempuan Jurnalis

Beberapa jam sebelum delegasi Rusia Bersatu mengumumkan dukungan mereka terhadap Putin pada hari Minggu, seorang mantan jurnalis dan ibu dari tiga anak dari sebuah kota kecil di Rusia barat berhasil mengatasi rintangan awal, menurut pembaruan Telegram oleh Sota, sebuah publikasi berita Rusia yang meliput oposisi, melakukan protes, dan masalah hak asasi manusia. Pencalonan Yekaterina Duntsova secara resmi didukung oleh 521 pendukung pada pertemuan di Moskow, Sota melaporkan.

Duntsova, mantan legislator lokal yang menyerukan perdamaian di Ukraina dan pembebasan para pengkritik Kremlin yang dipenjara, mengaku “takut” menyusul peluncuran pencalonannya sebagai presiden, dan kekhawatiran bahwa pihak berwenang Rusia mungkin akan membubarkan pertemuan para pendukungnya. memajukannya.

Menurut Sota, listrik padam sebentar di tempat berkumpulnya para pendukung Duntsova, dan petugas keamanan gedung pada awalnya menolak mengizinkan beberapa pendukung masuk ke tempat tersebut, namun pertemuan tersebut tidak mengalami hambatan.

Pemimpin Kremlin ini telah menggunakan taktik Pemilu yang berbeda selama bertahun-tahun. Dia mencalonkan diri sebagai calon independen pada tahun 2018 dan kampanyenya mengumpulkan tanda tangan. Pada tahun 2012, ia mencalonkan diri sebagai calon Rusia Bersatu.

Setidaknya satu partai, A Just Russia, yang memiliki 27 kursi di Duma Negara yang memiliki 450 kursi, bersedia mencalonkan Putin sebagai kandidatnya tahun ini. Namun pemimpinnya, Sergei Mironov, seperti dikutip oleh kantor berita negara RIA Novosti pada hari Sabtu mengatakan bahwa Putin akan mencalonkan diri sebagai calon independen dan akan mengumpulkan tanda tangan.

Di bawah reformasi konstitusi Menurut rencana yang dia atur, Putin yang berusia 71 tahun berhak mencalonkan diri untuk dua kali masa jabatan enam tahun lagi setelah masa jabatannya saat ini berakhir tahun depan, yang berpotensi memungkinkan dia untuk tetap berkuasa hingga tahun 2036. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home