Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:24 WIB | Sabtu, 04 November 2023

Israel Sebut Hamas Simpan Bahan Bakar di Bawah Rumah Sakit Shifa di Gaza

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, kiri, bertemu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di markas militer Kirya di Tel Aviv, hari Jumat, 3 November 2023. (Foto: Amos Ben Gershom/GPO)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Ketika Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengunjungi Israel pada hari Jumat (3/11), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menerbitkan rekaman yang dikatakannya sebagai pembicaraan telepon dari hari sebelumnya di mana seorang pejabat medis Gaza mengakui bahwa cadangan bahan bakar Hamas disimpan langsung di bawah Rumah Sakit Shifa, rumah sakit terbesar di Jalur Gaza.

Menurut lembaga penyiaran publik Kan, para pejabat Israel berencana untuk menyampaikan seruan tersebut, serta bukti-bukti lain mengenai masalah tersebut, kepada Blinken, dalam upaya untuk menurunkan tekanan internasional agar bahan bakar dapat masuk ke Jalur Gaza.

“Seruan tersebut menegaskan bahwa Hamas mengendalikan sumber daya energi dan bahan bakar di Jalur Gaza dan memilih mengarahkan mereka untuk terorisme,” kata IDF dalam sebuah pernyataan.

“Apalagi jika bahan bakar diizinkan masuk ke Jalur Gaza, Hamas berencana menyita sumber daya tersebut,” kata IDF.

“IDF akan terus mengungkap informasi yang membuktikan bahwa organisasi teroris Hamas menggunakan sumber daya penduduk sipil Jalur Gaza untuk terorisme,” tambah militer.

Pekan lalu, IDF mengatakan basis utama operasi Hamas berada di bawah Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza, memberikan visual dan audio yang disadap sebagai bukti aktivitas organisasi teror tersebut.

Israel telah berulang kali menolak mengizinkan bahan bakar masuk ke Gaza, dengan alasan kekhawatiran bahwa bahan bakar tersebut dapat digunakan oleh Hamas untuk meningkatkan upayanya melawan Israel.

Israel menuduh Hamas mencuri dan menimbun bahan bakar di Jalur Gaza yang ditujukan untuk rumah sakit dan keperluan kemanusiaan, serta mengalihkannya untuk tujuan teror, sebuah klaim yang dikonfirmasi oleh pejabat Barat dan Arab kepada New York Times pekan lalu.

IDF juga merilis gambar setengah juta liter solar pada pekan lalu yang menurut mereka ditahan oleh kelompok teror di Jalur Gaza.

Pada hari Kamis, Kepala Staf IDF, Letjen Herzi Halevi, mengatakan bahwa Israel akan mengizinkan bahan bakar memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir jika Israel mengetahui bahwa rumah sakit telah kehabisan bahan bakar.

Rumah sakit di Gaza, yang bergantung pada bahan bakar untuk menggerakkan generator, telah memperingatkan selama lebih dari sepekan bahwa mereka akan segera kehabisan bahan bakar, kata Halevi, namun hingga saat ini belum ada satu pun rumah sakit yang mendapatkan bantuan.

“Kami belum membawa bahan bakar sampai saat ini,” katanya. “Kami memeriksa situasi di Jalur Gaza setiap hari. Selama lebih dari sepekan, mereka memberi tahu kami bahwa bahan bakar di rumah sakit akan habis, padahal kenyataannya tidak. Kita akan lihat kapan hari itu tiba. Bahan bakar akan disalurkan, dengan pengawasan, ke rumah sakit, dan kami akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa bahan bakar tersebut tidak mencapai infrastruktur Hamas dan tidak akan memenuhi tujuan perang (Hamas).”

Tak lama setelah komentar Halevi, Kantor Perdana Menteri mengeluarkan pernyataan singkat yang menyatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “belum menyetujui masuknya bahan bakar ke Gaza.” (TOI/Kan)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home