Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 04:23 WIB | Kamis, 25 April 2024

RI Gelar Konser Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi

Tim dibalik pertunjukan konser musik "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai" saat konferensi pers yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu (24/4/2024). (ANTARA)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Titimangsa menggelar sebuah pertunjukan konser musikal bertajuk "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai" yang dipersembahkan oleh sekolah musik SMKN 2 Kasihan Yogyakarta pada Kamis (25/4).

Konser musikal yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini menjadi ruang bagi pelajar SMKN 2 Kasihan, sebagai bagian dari penerapan program Merdeka Belajar, untuk bebas berpikir dan berekspresi melalui pembelajaran yang relevan dan menyenangkan.

"Pembelajaran yang berbasis pada peserta didik kemudian terlaksana pembelajaran yang terdiferensiasi. Dari masing-masing teridentifikasi kompetensinya kemudian diperkuat, didampingi, dan berkolaborasi dalam bentuk orkestra dan berkolaborasi dengan industri musik dan opera," kata Plt. Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbudristek Wardani Sugiyanto di Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu (24/4).

Konser musikal ini menghadirkan kolaborasi antara murid dan guru SMKN 2 Kasihan Yogyakarta dengan seniman-seniman ternama Indonesia. Sejumlah lagu klasik dan populer dari dalam maupun luar negeri akan disuguhkan dan ditafsir ulang menjadi adegan yang diperankan aktor dan aktris Indonesia.

Pertunjukan "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai" berkisah tentang Larasati yang mengalami patah hati dan meninggalkan kehidupan di Jakarta untuk kembali ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta, Larasati bertemu dengan sejumlah orang dari masa lalunya yang membawa dirinya pada refleksi mendalam tentang cinta, mimpi, dan kehidupan dengan luka-luka.

Pagelaran ini diproduseri oleh Happy Salma dan disutradarai oleh Wawan Sofwan. Adapun naskah cerita ditulis oleh Felix K. Nesi dan musisi Tohpati dipercaya sebagai penata musik. Sedangkan Rangga Djoned bersama Happy Salma bertindak sebagai direktur kreatif.

Sejumlah aktor dan aktris ternama Tanah Air yang turut membintangi konser musik ini antara lain Sherina Munaf sebagai Larasati, Nyoman Paul sebagai Raka, Mawar de Jongh sebagai Rena, Danu Kusuma sebagai Agung, dan Happy Salma serta Ario Bayu sebagai narator.

Isyana Sarasvati dan Heny Janawati turut menyumbangkan suaranya sebagai penyanyi dalam pertunjukan "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai".

"Memeluk Mimpi-Mimpi ini adalah aksi nyata dari implementasi Merdeka Belajar di mana pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kasihan ini benar-benar dilaksanakan dengan menyenangkan," kata Wardani.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home