Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 13:54 WIB | Minggu, 07 Desember 2014

Jamur Truffle Terbesar di Dunia Terjual Rp 753,3 Juta

Jamur truffle putih terbesar di dunia ini dipamerkan di Sothebys New York pada 5 Desember 2014. Jamur itu ditemukan pekan lalu di wilayah Umbrian, Italia, dengan berat 1,8 kilogram. Jamur tersebut hampir dua kali lipat ukurannya dibandingkan pemegang rekor sebelumnya yang terjual dengan harga 417.200 dolar (sekitar Rp 5,1 miliar) pada 2010. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Jamur truffle putih terbesar di dunia terjual di sebuah pelelangan pada Sabtu dengan harga 61.250 dolar AS (sekitar Rp 753,3 juta) – jauh di bawah perkiraan pemiliknya sebesar satu juta dolar AS (sekitar Rp 12,3 miliar), menurut laporan.

Jamur White Alba's Truffle itu memiliki berat 1,89 kilogram ketika ditemukan pekan lalu di wilayah Umbria, Italia, membuatnya menjadi jamur terbesar yang pernah ditemukan.

Sotheby's mengatakan jamur tersebut dibeli oleh seorang penggemar masakan dari Taiwan, yang melakukan penawaran melalui telepon.

Penawaran dibuka dengan harga 50.000 dolar AS (sekitar Rp 614,9 juta) untuk jamur pemecah rekor itu.

Pemiliknya adalah Balestra Family of Sabatino Truffles, yang menurut surat kabar New Haven Register pekan ini CEO-nya mengharapkan jamur itu bisa terjual dengan harga 10 digit.

“Saya mengatakan kepada semua orang saya ingin mendapat satu juta dolar,” kata Federico Balestra kepada New Haven Register, menambahkan bahwa seorang pegawai Sabatino di Italia “memburu jamur truffle untuk kami dan menemukan truffle itu untuk kami.”

Balestra mengatakan jamur besar tersebut – sedikit lebih kecil dari ukuran bola rugby – cukup besar untuk “disajikan kepada 300-400 orang.” (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home