Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:26 WIB | Rabu, 19 September 2018

Jawa Barat Siapkan Strategi Normalisasi Sungai Citarum

Ilustrasi. Sungai Citarum menjadi terminal bagi sejumlah sampah kiriman dari kota yang terbawa oleh air hujan. Tumpukan sampah tersebut membuat banjir daerah Dayeuh Kolot, Bandung, Jawa Barat. (27/12/2013). (Foto: Dok. satuharapan.com/citarum.org)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan sudah menyiapkan strategi normalisasi Sungai Citarum, menyusul penerbitan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018, tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

"Kami sedang menyiapkan, memetakan, dan salah satunya membuat mesin pengeduk sampah oleh Pindad," kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam siaran pers pemerintah provinsi, Rabu (19/9).

Gubernur yang akrab disapa Emil itu menyebutkan upaya jangka pendek, menengah, hingga panjang untuk mewujudkan Citarum Harum.

Dalam jangka pendek, ia mengatakan, pemerintah provinsi menyiapkan mesin pengeruk untuk membersihkan sampah di bantaran Sungai Citarum.

"Jadi nanti mengambil sampahnya bisa dibantu dengan teknologi. Mudah-mudahan ini mengawali peran saya sebagai Dan Satgas Citarum," kata Ridwan, Komandan Satuan Tugas Citarum.

Dalam jangka menengah, pemerintah provinsi menargetkan penyelesaian persoalan penanganan limbah Citarum, dan dalam jangka panjang ingin memindahkan industri dari kawasan sekitar Sungai Citarum ke tempat lain. (Antaranews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home